Game-Based Learning: Membangun Koneksi antara Game dan Pembelajaran – Sebagai pendidik kekinian, kita harus paham akan dunia anak-anak. Era yang sangat berbeda dengan era saya duhulu. Saat ini anak-anak hidup di era digital. Hal mempengaruhi cara mereka belajar, berinteraksi, dan memproses informasi. Fenomena ini mencakup keterampilan multitasking yang tinggi, ketergantungan pada media sosial, peningkatan risiko eksposur pada konten tidak pantas, serta tantangan dalam memfilter informasi yang diterima.
Karena itu sebagai pendidik perlu memahami dinamika ini untuk mengembangkan pendekatan pembelajaran yang relevan dan mendukung perkembangan holistik anak. Salah satunya Game Based Learning. Yang mana saya membuat game pendidikan untuk anak.
Game-based learning (GBL) menawarkan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Dalam konteks pendidikan, game memungkinkan siswa untuk belajar sambil bermain, mengintegrasikan materi pelajaran ke dalam pengalaman yang menarik dan memotivasi.
Kelebihan utama GBL adalah kemampuannya untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Dengan menggunakan elemen permainan seperti tantangan, kompetisi, dan reward systems, GBL dapat meningkatkan motivasi intrinsik siswa untuk belajar.
Selain itu, game juga memungkinkan pembelajaran yang mandiri, karena siswa dapat memilih tingkat kesulitan yang sesuai dengan kemampuan mereka dan belajar dari kesalahan mereka dengan cepat tanpa tekanan dari lingkungan kelas.
Tanpa disadari GBL dapat membantu membangun keterampilan kritis seperti pemecahan masalah, kerjasama tim, dan keterampilan berpikir kritis, karena game sering memerlukan pemikiran strategis dan analitis untuk mencapai tujuan tertentu.
Dengan menyediakan umpan balik instan, GBL juga memungkinkan pembelajaran yang adaptif, di mana siswa dapat melacak kemajuan mereka secara langsung dan menyesuaikan strategi belajar mereka sesuai kebutuhan.
Ada beberapa web atau aplikasi yang bisa saya gunakan untuk membuat game edukasi, diantaranya adalah
1. Wordwall
Wordwall adalah alat yang sangat bermanfaat bagi saya untuk membuat aktivitas pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi siswa. Misalnya, saya sering membuat game perkalian, puzzle kata, kartu memori, kuis, dan permainan lainnya yang disesuaikan dengan materi pelajaran.
Salah satu pengalaman yang paling berkesan adalah saat saya menggunakan Wordwall untuk mengajar perkalian. Siswa sangat antusias mengikuti kuis ini, dan saya melihat mereka semakin bersemangat untuk belajar ketika mereka berhasil menjawab pertanyaan dengan benar.
Selain itu, Wordwall juga membantu saya dalam melacak kemajuan siswa. Saya dapat melihat seberapa baik mereka memahami materi pelajaran dengan melihat hasil dari aktivitas yang saya buat. Ini memberi saya wawasan yang berharga tentang area mana yang perlu diperbaiki dan di mana siswa telah berhasil.
Secara keseluruhan, pengalaman saya menggunakan Wordwall sebagai pendidik telah sangat positif. Ini adalah alat yang fleksibel dan mudah digunakan yang telah membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas saya.
2. Kahoot!
Kuis interaktif sangat menyenangkan bagi siswa, membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan terlibat. Siswa sangat antusias mengikuti kuis ini, karena mereka dapat melihat peringkat mereka secara langsung di papan peringkat yang ditampilkan di layar kelas.
Selain itu, Kahoot juga membantu saya dalam mengevaluasi pemahaman siswa secara menyeluruh. Setelah kuis selesai, saya dapat melihat hasilnya secara langsung dan mengidentifikasi area mana yang memerlukan perhatian lebih lanjut. Ini memungkinkan saya untuk menyesuaikan pengajaran saya sesuai dengan kebutuhan individual siswa.
Penggunaan Kahoot juga telah meningkatkan rasa kebersamaan di kelas. Siswa sering bersemangat untuk berkompetisi satu sama lain, tetapi dalam suasana yang santai dan menyenangkan. Mereka juga belajar bekerja sama dalam tim ketika perlu bekerja sama untuk menjawab pertanyaan dengan benar.
3. Padlet
Padlet bermanfaat untuk memfasilitasi kolaborasi siswa, berbagi ide, dan mengumpulkan pemikiran mereka tentang topik tertentu.
Siswa dapat dengan mudah memposting gambar, video, teks, atau tautan yang relevan dengan topik tersebut. Ini mendorong kolaborasi antar-siswa dan memungkinkan mereka untuk belajar satu sama lain.
Selain itu, Padlet juga membantu dalam mengorganisir dan memvisualisasikan pemikiran siswa secara efektif. Ini membantu dalam memahami sejauh mana siswa memahami materi pelajaran dan mengidentifikasi area mana yang perlu lebih diperhatikan dalam pengajaran selanjutnya.
Penggunaan Padlet juga telah meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Mereka merasa lebih termotivasi untuk berpartisipasi ketika mereka tahu bahwa kontribusi mereka dapat dilihat dan dihargai oleh teman-teman mereka. Ini juga memberi mereka kesempatan untuk belajar dari sudut pandang yang berbeda dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis melalui diskusi dan refleksi.
4. Quizizz
Biasanya Quizizz digunakan untuk membuat kuis interaktif yang menyenangkan bagi siswa dan memungkinkan guru untuk mengevaluasi pemahaman mereka tentang materi pelajaran.
Salah satu pengalaman yang paling berkesan adalah saat saya menggunakan Quizizz untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep-konsep matematika. Saya menyukai fitur Quizizz yang memungkinkan siswa untuk belajar dari kesalahan mereka. Setelah mereka menjawab pertanyaan, mereka langsung mendapatkan umpan balik yang menjelaskan jawaban yang benar dan mengapa jawaban yang salah tidak tepat. Ini membantu siswa untuk memahami di mana mereka salah dan memperbaiki pemahaman mereka tentang materi pelajaran.
Selain itu, Quizizz juga memungkinkan kita untuk melacak kemajuan siswa secara langsung. Kita dapat melihat hasil dari setiap kuis secara real-time dan mengidentifikasi siswa yang mungkin perlu bantuan tambahan atau pemahaman lebih lanjut tentang materi pelajaran tertentu. Ini memungkinkan kita untuk memberikan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan individual siswa.
5. Fliphtml
Salah satu pengalaman yang paling berkesan adalah saat saya menggunakan Flip HTML untuk membuat buku digital untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Saya dapat dengan mudah menyusun konten dalam bentuk teks, gambar, audio, dan video untuk menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik. Siswa dapat mengakses buku digital ini melalui perangkat mereka sendiri, seperti laptop, tablet, atau smartphone, dan belajar kapan saja dan di mana saja sesuai kebutuhan mereka.
Selain itu, Flip HTML juga memungkinkan saya untuk melacak aktivitas siswa dan memantau kemajuan mereka. Saya dapat melihat berapa banyak siswa yang mengakses buku digital, seberapa lama mereka menghabiskan waktu untuk membacanya, dan bagian mana dari materi yang paling menarik bagi mereka. Ini memberi saya wawasan yang berharga tentang efektivitas materi pembelajaran dan membantu saya dalam menyesuaikan pengajaran saya sesuai dengan kebutuhan siswa.
Jadi ketika banyak orang menganggap game itu merugikan, dengan GML kita bisa menggeser paradigma ini. Jangan remehkan manfaat dari bermain game. Di balik hiburan yang menyenangkan, terdapat potensi besar untuk belajar dan tumbuh sebagai individu. Game juga memberi kita kesempatan untuk belajar dari kegagalan, memperbaiki kesalahan, dan mencapai kesuksesan. Dengan kata lain Game bukan hanya tentang hiburan, tapi juga tentang belajar, berkembang, dan mengatasi tantangan
Sebagai seorang pendidik yang juga memiliki minat dalam pembuatan game, saya selalu mencari perangkat yang sat set wat wet. ROG Phone 8 Series menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pembuat game dan gamer, mulai dari kinerja yang kuat hingga fitur gaming yang canggih.
Salah satu hal pertama yang menarik perhatian saya adalah desain cerdas dan futuristik dari ROG Phone 8 Series. Dengan garis-garis yang tajam dan warna-warna yang mencolok, perangkat ini segera mencuri perhatian saya. Desainnya yang ergonomis juga membuatnya nyaman digunakan dalam genggaman, bahkan untuk waktu yang lama, yang sangat penting bagi saya sebagai seorang yang suka membuat game dan menghabiskan banyak waktu di depan komputer.
Ketika saya mulai menjelajahi fitur-fitur ROG Phone 8 Series, saya semakin terkesan dengan kemampuannya yang luar biasa. Berikut kelebihannya.
- Memberikan pengalaman bermain di atas rata-rata.
ROG Phone 8 Series memberikan pengalaman bermain yang lebih dari sekedar permainan. Ponsel premium ini didesaini lebih ramping, lebih ringan, dan menghadirkan berbagai fitur yang dirancang agar mudah digunakan oleh semua pengguna termasuk para content creator, gamer, streamer, content creator dan masih banyak lagi.
- Performa yang ugal-ugalan.
Snapdragon® 8 Gen 3, 8533 Mbps LPDDR5X RAM, UFS 4.0 menghasilkan performa benchmark yang melampaui pesaing di kelasnya. Ugal-ugalan pokoknya! ROG Phone 8 adalah ponsel gaming pertama di dunia yang memilki IP68. Benar-benar desain yang memadukan estetika dengan fungsionalitas.
Tak perlu risau bakal panas saat gaming marathon. ROG Phone 8 telah didukung oleh desain Rapid-Cooling Conductor revolusioner yang merupakan bagian dari kecanggihan desain termal GameCool 8. Fitur ini mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang.
- Ultra-bright display
Didesain dengan Layar AMOLED fleksibel 6.78” 165 Hz bezel ultra tipis 2500-nit dengan penyegaran adaptif LTPO dan kecepatan sampling sentuh 720 Hz yang sangat halus. Membuat kita nyaman lama-lama berseluncur di dunia maya. Kita dapat bermain game atau menonton film bahkan di bawah sinar matahari tanpa masalah sama sekali.
Kemampuan visual yang luar biasa disetel dalam kolaborasi dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® untuk akurasi warna terbaik di dunia. Fitur ini akan memberikan tampilan yang tidak tertandingi dan berkelas.
- AI Kamera Tingkat Pro
Kamera utama pada ROG Phone 8 Series menggunakan sensor gambar Sony 50 MP terbaru untuk menghasilkan gambar yang jernih. Lensa sudut lebar 24 mm sangat cocok untuk pengambilan gambar di jalanan yang dinamis, sementara mode zoom 2X mengubahnya menjadi lensa utama 50 mm yang serbaguna.
Selain itu juga memiliki kemampuan AI kamera di atas rata-rata. 50 MP utama dengan 6-Axix Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0; 13 MP ultrawide yang memiliki lensa bebas; 32 MP telephoto dengan 3X optical zoom dan OIS.
- Fitur yang disempurnakan AI
ASUS benar-benar mengikuti zaman. Di saat marak AI, ASUS pun menyempurnakan fitur-fitur dengan AI. Seperti X-Sense, X Capture, AI Grabber untuk bermain game; AI Noise Cancellation, AI Wallpaper, Semantic Search untuk gaya hidup.
Jadi kita dapat dengan mudah mengalihkan game ke latar belakang dengan Background Mode atau menangkap momen penting dengan X Capture. Tak hanya itu, AI Grabber yang intuitif untuk menangkap teks dan X Sense dapat meningkatkan pengalaman bermain game dengan memberikan tips dan bantuan saat dibutuhkan.
AI Grabber kini juga dapat mengambil teks langsung dari game menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition, dan X Capture serta X Sense 2.0 kini mendukung lebih banyak game terbaru berkat teknologi AI Pattern Recognition. Inovasi luar biasa!
- AniMe Vision.
Dengan Layar sekunder eksklusif berupa Mini LED yang dapat disesuaikan pada ROG Phone 8 Pro dan ROG Phone 8 Pro Edition memungkinkan kita untuk menikmati konten multimedia dengan kualitas gambar yang mengagumkan. Selain itu, sesama pengguna ROG Phone 8 Pro / Pro Edition juga dapat membuka kunci animasi rahasia dengan menempelkan punggung kedua ponsel satu sama lain. Sebuah nilai tambah yang luar biasa bagi saya sebagai seorang pembuat game, karena saya sering menggunakan perangkat mobile untuk menguji prototipe dan mengembangkan ide-ide baru.
ROG Phone 8 Series juga menawarkan manfaat yang signifikan bagi saya sebagai seorang pendidik yang suka membuat game. Dengan daya tahan baterai yang luar biasa dan fitur pengisian cepat, saya tidak pernah khawatir kehabisan daya saat bekerja di luar kelas atau di tempat-tempat lain. Bahkan saat saya bepergian untuk konferensi atau seminar, ROG Phone 8 Series tetap dapat bertahan seharian penuh, memungkinkan saya untuk tetap terhubung dengan siswa saya dan terus mengembangkan ide-ide kreatif.
Pada akhirnya, pengalaman menggunakan ROG Phone 8 Series di CES 2024 tidak hanya tentang memiliki akses ke teknologi terbaru dan tercanggih, tetapi juga tentang menemukan bagaimana perangkat ini dapat memperkaya pengalaman saya sebagai seorang pendidik.
Dari kenyamanan dan daya tahan yang ditawarkannya hingga fitur gaming yang canggih dan kemampuan untuk terhubung dengan komunitas global pembuat game, ROG Phone 8 Series telah membuktikan dirinya sebagai mitra yang tak tergantikan dalam perjalanan kreatif saya.
Inilah mengapa pengumuman ASUS Republic of Gamers (ROG) tentang peluncuran seri ROG Phone 8 sangat penting bagi saya. Jadi buat yang penasaran dengan informasi ketersediaan, harga, dan info promo ROG Phone 8. Sabar dulu ya, informasi ini akan disampaikan pada hari peluncuran ROG Phone 8. Nantikan segera di blog ini ya atau pantengi terus medsos @asusrog.id!
Betewe buat teman-teman yang penasaran dengan harga ASUS ROG Phone 8, berikut harganya
ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black – Rp. 10.999.000
• ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey – Rp. 10.999.000
• ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black – Rp. 14.999.000
• ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black – Rp. 19.999.000
Ada promo juga lo..
- First Sale Promo
Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8
dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr
2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.
Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store
Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.
2. Consumer Launch Sales Promo
Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUGBM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah
menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.
- Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20
Mar hingga 23 Mar 2024.
Happy shopping 🙂
Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien
2 Comments. Leave new
Terima kasih rekomendasi game edukasinya. Anak jadi bisa bermain sekaligus belajar
sama-sama..smg si kecil makin hepi mainnya