WMM Expo 2018: Ajang Bergengsi Wirausaha Muda Mandiri yang Berprestasi


Salah satu hobi saya adalah lihat pameran, terutama pameran yang mengandung info pendidikan. Lha bulan September 2018 saya mendengar ada acara Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018. Wah bakalan seru nih. Dan benar, hari pertama ke pameran yang diselenggarakan di MOG Area Atrium dan lantai 3 MOG ini saya merasa kurang. Esoknya saya ke sana lagi. Banyak ide-ide baru yang bikin saya geleng-geleng kepala karena unik dan kece.

Pada event ini, sejumlah produk kreatif dan inovatif bernuansa milenial ditawarkan kepada pengunjung. Saat ke sana, saya bertemu Mbak Lala owner Coklat Klasik juara II tahun 2014. Baru tahu saya ternyata Coklat Klasik yang memiliki sekitar 300 outlet di Indonesia ini adalah binaan Bank Mandiri.

Video Rahasia Sukses Cokelat Klasik

Ada juga Coffee Toffee, tempat biasanya saya nongkrong kalau ke Surabaya. Semoga bisa ke cabang lain yang di Malang. Satu brand ini dulu pernah saya ulas di sini.

Lanjut di bidang property, saya bertemu mbak Rika Pertiwi Zulfi. Mbak  Rika adalah pemilik JEE Ballroom Group. Doi memiliki properti 4 unit di Jakarta dan Bekasi. Ada yang milik sendiri ada yang kerjasama dengan pihak lain. Konsepnya ia menawarkan ballroom-ballroom untuk exhibition, wedding, dan lain-lain. “Jadi kita nggak perlu beli tanah mbak, kita bisa kerjasama dengan pemilik lahan dengan system bagi hasil. Meski beberapa tanah punya saya sendiri.”
Ada juga Mbak Sylvia, mahasiswa semester 7 asal Medan yang membuat program untuk rumah sakit AISSHA. Program ini sangat diminati dan sudah taken kontrak ma rumah sakit di Medan.

Tak hanya itu, ada stand yang membuat kagum adalah mahasiswa dari Medan yang membuat bungkus makanan semacam foam menjadi bungkus makanan yang ramah lingkungan karena terbuat dari kulit udang, tepung, dan iainnya. Tak hanya ramah lingkungan, tapi juga bisa dimakan.

Di stand lain saya ngelirik Owl Magazine. Majalah kekinian dengan menggunakan tekonogi yang bisa bikin tuh majalah jadi 2 dimensi, 3 dimensi, dan video saat dilihat dari handphone. Inovasi ini dapat meningkatkan minat baca anak sekaligus membekali pembaca dengan wawasan pengetahuan yang luas mengenai nusantara dan dunia.

Selain Owl Magazie juga ada Digi book milik Kak Tirmizi Otebe Smart. Secara konsep hampir sama menggunakan AR agar buku bisa gerak 2 dimensi dan 3 dimensi. 

Di sana juga ada Golden Berry, salah satu buah yang kita kenal dengan nama ciplukan. Dulu waktu kecil saya sering cari di sawah. Tapi ciplukan yang di pameran beda ma ciplukan Indonesia. Benihnya impor dan dikembangkan di sini. Bedanya ukurannya lebih besar daripada ciplukan yang selama ini kita temukan di sawah dan berwarna kuning jingga. Harga per 200 gramnya adalah 30k untuk yang segar. Ada juga yang sudah dikeringkan. Rasanya masam segar gimana gitu. Saya nyesel nggak beli. Hiks.
Zona makanan lain yang bikin saya laper adalah kebab durian Kebab Kebudd. Duriannya terasa bangetz.


Dan lagi-lagi saya dikejutkan ternyata brand Indonesia ini juga binaan Bank Mandiri. Baba Raffi juga..weeewww.. plok plok plok deh buat Wirausaha Muda Mandiri yang selalu bikin inovasi.
Ngapain sih Mandiri rutin ngadain ini? Jawabannya adalah karena melalui WMM Expo, Bank Mandiri ingin menunjukkan komitmen dalam upaya penciptaan pelaku usaha muda yang kreatif, mampu bersaing serta dapat menciptakan lapangan kerja baru melalui program yang komprehensif, mulai dari penjaringan pelaku usaha muda potensial, pelatihan pengelolaan usaha, pengenalan metode pemasaran, pengenalan akses pembiayaan serta identifikasi peluang pengembangan usaha

Dari hasil searching, ternyata nih program sudah ada sejak tahun 2007. Dirancang sebagai salah satu kontribusi Bank Mandiri untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan fokus pada generasi muda. WMM mendukung terciptanya ekosistem yang baik untuk tumbuh kembang wirausahawan di Indonesia.
Tahun ini, WMM memiliki tema “Berani Muda, Berani Berkarya”. Program ini memiliki dua kategori peserta, yaitu Mahasiswa program SI atau Diploma dan kategori pengusaha muda non-Mahasiswa. 

Kategori yang diperlombakan antara lain

1. Wirausaha Industry, Perdagangan dan Jasa
2. Wirausaha Boga
3. Wirausaha Kreatif
4. Wirausaha Sosial
5. Wirausaha Teknologi Digital
6. Wirausaha Teknologi Non-Digital
7. Wirausaha Digital Financial Technology
Kompetisi kewirausahaan WMM 2018 telah dimulai sejak bulan Maret lalu, Yang mengejutkan lebih dari 800 pengusaha muda dari 34 perguruan tinggi dan 10 Komunitas/ Inkubator Bisnis ikut ambil bagian pada acara ini. Berdasarkan hasil penjurian tahap awal, sebanyak 70 wirausaha muda terpilih untuk mengikuti seleksi nasional pada 12 September 2018, di hadapan dewan juri yang terdiri dari perwakilan pemerintah, akademisi, praktisi, media, dan Bank Mandiri



 Ada berita gembira! Sebagai pengunjung kita bisa punya kesempatan dapat hadiah.  Caranya bagaimana?
1.      Datang ke lokasi pameran di Mall Olympic Garden (MOG) Malang tanggal 6 - 9 September 2018 lalu jepret keseruan acara 
2.     Follow @JadiMandiri dan @Wrausahamandiri
3.     Tag dan mention @JadiMandiri dan @WrausahaMandiri pada caption photo
4.     Beri tagar #MudaMandiriBerkarya
Hadiahnya keren lohh.. info lebih lanjut klik bit.ly/wmmexpo

Selain itu kita juga bisa ikut memilih juara favorit dengan cara:
1. Like fanpage Wirausaha Muda Mandiri 
2. Cari album finalis WMM 2018 
3. Lalu like foto finalis favorit teman-teman, bagaikan dengan menyertakan hastag #WMM2018 dan #BeraniMudaBeraniBerkarya 
4. Pemenang dengan like dan share terbanyak akan terpilih menjadi pemenang favorit Wirausaha Muda Mandiri 2018. 
5. Voting akan ditutup pada tanggal 13 September 2018 pukul 17.00

Masih banyak waktu untuk vote, yuk ajak teman-teman lainnya untuk vote
Next, setelah serangkaian seleksi awal dan juga WMM Expo 2018, maka di akhir program akan ada pemberian Penghargaan WMM (WMM Award) 2018. Acara ini akan dilaksanakan pada 15 September 2018 di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya, Malang.
Video Keseruan Acara WMM Expo 2018



14 comments:

  1. Ini kamaren sudah masuk list buat ngikuti acara, tapi berhubung ada acara wisuda Quran dan Nikah Quran jadinya batal ikutan kesana 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah.. Ilham ikut nikah Qur'an.. dah sah ya.. selamaaat

      Delete
  2. Pameran yamg keren. Semoga balik dari pameran terinspirasi juga buat berwirausaha ya kak...
    Klo deket dari rumahku pasti aku datang.. hehe

    ReplyDelete
  3. Seru banget sih mba ke pameran ketemu orang-orang hebat yang punya inovasi keren, inspiratif banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. bikin semangat nambah buat kerja keras dan kerja cerdas ...

      Delete
  4. Malaaaaaaaang...jauh untuk memelukmu.
    Semoga ada pameran serupa di bengkulu ini nantinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin... iya mbak semoga d Bengkulu ada...

      Delete
  5. Ini keren banget loh mba, bikin pemasukan Indonesia naik, apalagi klo di eksport pas dollar naik gini hhaa

    ReplyDelete
  6. Wih keren banget nih acaranya. Yang ikut juga masih muda-muda ya, mbak. Wajib ditiru nih

    ReplyDelete
  7. Seru banget ya acaranya. Makasih Mbak Fauzia yaa udah ngajak aku ��

    ReplyDelete
  8. Senang lihat wanita mandiri apalagi kalo suka berbagi tambah keren.

    ReplyDelete
  9. Subhanallah, keren2 ya ide, inovasi, dan produk para peserta. Sangat cocok dengan event yang diadakan. Semoga di Indonesia semakin banyak pengusaha muda yang sukses berkat event ini.

    ReplyDelete

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

Powered by Blogger.