Cara Mudah Mengatasi Masuk Angin





Akhir-akhir ini saya sering bepergian menggunakan motor. tidak hanya siang, namun juga malam hari. Drai sinilah saya merasakan ada yang tak beres dengan si perut. Mual, pusing, dan nggak nyaman banget. Kata teman, ini adalah gejala masuk angin.

Kalau saya pernah baca, gejala masuk angin bisa diakibatkan sering mobile, kurang istirahat, bepergian tanpa menggunakan jaket ataupun dengan sebab lainnya. Setelah baca artikel di majalah, saya merasa jadi salah satunya. Kalau saya amati, angina akhir-akhir ini kurang bersahabat. Jadi kemanapun pergi, saya selalu berusaha membawa jaket. Karena pernah beberapa waktu lalu langsung masuk angin gara-gara tidak bawa jaket saat liputan acara. Karena kebiasaan ini saya selalu sedia P3K.


Lantas bagaimana menurut pandangan medis, apakah masuk angin itu? Secara ilmu kedokteran, masuk angin tidak terkategori sebuah penyakit. Karena masuk angin merupakan suatu kendala atau tanda-tanda adanya penyakit lain. Mungkin saja istilah masuk angin yang dikenal masyarakat luas sebetulnya akibat dari daya tahan tubuh lemah, sistem imun tubuh tidak bisa berfungsi secara maksimal atau lain sebagainya. Kebanyakan masyarakat juga mengandalkan koyo sebagai antisipasi dalam mengatasi masuk angin. Fungsi koyo sendiri sebetulnya cuman menghangatkan tubuh dibagian tertentu, tetapi sugestinya koyo tersebut sebagai obat masuk angin yang sangat praktis.



Penyebab Masuk Angin
Yuk kita ungkap apa saja sih penyebab masuk angin sebenarnya?

  1. Gaya hidup
Gaya hidup menjadi faktor utama yang memicu masuk angin. Seperti halnya akibat kerja lembur, terlalu lama duduk di kantor, pekerjaan sulit dan menumpuk serta kebiasaan buruk menggunakan AC terlalu lama. Beberapa kebiasaan tersebut bisa menjadikan daya tahan tubuh lemah, sehingga terjadilah flu dan pilek yang menjadi gejala awal masuk angin.

  1. Cuaca
Pengaruh cuaca atau udara dingin yang disertai angin kencang bisa menimbulkan gejala masuk angin, seperti perut kembung dan penuh yang disertai mual bahkan muntah. Kebanyakan orang untuk mengatasi hal semacam ini yaitu dengan menggunakan koyo hansaplast yang membuatnya merasa hangat dan tubuh menjadi segar.

  1. Pola makan
Biasanya pola makan juga menjadi pemicu masuk angin. Yang sering dilanda masuk angin akibat pola makan yang tidak teratur ini biasanya ibu rumah tangga. Mungkin karena alasan berbagai pekerjaan rumah dan lain sebagainya, membuat ia lupa memperhatikan pola makan yang benar. Sehingga mengakibatkan mood makan menjadi hilang dan lebih memilih makan cemilan kacang-kacangan, padahal jenis cemilan tersebut dapat memicu perut kembung karena kandungan gasnya. Disinal terjadinya masuk akan akibat pola makan yang salah.
Agar termasuk angin yang Anda alami bisa teratasi secepatnya, kami menganjurkan untuk menggunakan koyo hangat sachet merk hansaplast. Hangatnya pas dan merata sampai ke dalam lapisan kulit.


4 comments:

  1. Oya pantesan, setiap pulang dari kantor teman yang ber-AC itu perut selalu kembung.
    Btw, kalau saya biasanya ngusap2 perut pakai minyak kayu putih, lumayan juga efeknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya kdang juga ngusap pake minyak kayu putih.. cuman kalau pas g mempan pake nih koyo' langsung mempan

      Delete
  2. Baru tau kalau ada handsaplas koyo haha. mantap bener nih mahh, thanks ya bak..

    ReplyDelete

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

Powered by Blogger.