5 Manfaat Kopi Coklat Berdasar Penelitian - Rumah Cinta Zie

5 Manfaat Kopi Coklat Berdasar Penelitian



Menjadi perempuan yang suka jalan-jalan, saya selalu menyiapkan cemilan buat menemani perjalanan. Mungkin inilah yang bikin saya cepet ndut. Karena sebagian besar persiapan perjalanan adalah makanan.
Salah satu cemilan favorit yang selalu ada selama perjalanan saya adalah coklat. Sebenarnya ndak hanya cemilan saat perjalanan sih, kadang kalau butuh moodboster saya juga beli coklat, meski hanya es krim coklat. Lumayan nambah semangat. Apalagi kalau perjalanan, tubuh lelah… pastinya butuh amunisi.
Selain coklat saya juga suka kopi, bukan yang maniak banget. Saya perlu ini agar bisalebih menikmati perjalanan. Sayang kan kalau selama jalan Cuma pindah tidur aja. Pengalaman di beberapa tempat, biasanya saya dan beberapa teman setrika jalanan sampai tengah malam.
Karena kesukaan saya dengan kopi dan coklat, dua produk ini tidak boleh ketinggalan. Lha, pas tahu kalau ada UKM yang produksi kopi coklat batangan, weeewww.. saya langsung pingin nyobain.
Kenapa sih langsung mau begitu aja? Karena berdasar penelitian, kopi coklat tuh banyak banget manfaatnya.
Ini dia 5 manfaat kopi coklat.
1.    Mampu mengurangi kecemasan
Ali Boolani dari Clarkson University dan beberapa rekan dokter dari University of Georgia melakukan penelitian untuk mencari tahu apakah kakao dan kopi yang dikonsumsi secara bersamaan mampu mengurangi kecemasan dan memberi energi bagi peminumnya. Hasil penelitiannya, ternyata kombinasi kopi dan kakao ini bisa mengurangi kecemasan lo.

2.   Memberi energi baru
Masih penelitian dari Ali Boolani dari Clarkson University, beliau melakukan percobaan kepada beberapa pekerja. Mereka diminta untuk mengonsumsi kopi yang dicampur cokelat yang dikenal dengan percobaan “mental energy”. Beberapa partisipan diminta untuk meminum cokelat panas. Dan diteliti reaksi setelahnya. Kemudian beberapa partisipan lain diminta meminum kopi yang dicampur cokelat dan kemudian dicatat reaksi yang dialami. Yeaai… ternyata gabungan kakao dan kopi bisa mengahasilkan energi baru. Hal ini disebut dengan “mental energy test”.

3.   Meningkatkan konsentrasi
Selain mampu mengurangi kecemasan dan menghasilkan energi baru, penelitian dari Ali Boolani ternyata juga membuktikan kalau Kakao dan kopi mampu meningkatkan konsentrasi. Selain itu juga terbukti bekerja dengan akuransi yang lebih tinggi dalam melakukan berbagai kegiatan. Kafein pada kopi memberikan energi, sedangkan kandungan alami dalam kakao mampu mengurangi beragam kecemasan. Jadi meminum jenis minuman kopi yang dicampur cokelat akan baik sekali dinikmati saat pagi atau siang hari ketika sedang sangat sibuk. Selain itu rasanya juga nikmat.
Penelitian yang dilakukan oleh Ali Boolani ini ternyata didukung oleh perusahaan cokelat terkemuka Hersheys yang juga digadang-gadang akan meluncurkan produk minuman cokelat dan kopi

4.   Meningkatkan fokus dan mengontrol perasaan gelisah, kekurangan energi dan kelelahan.
Untuk studi yang dilakukan oleh peneliti dari Clarkson University of Georgia, relawan diminta untuk minum kakao diseduh, kakao dengan kafein, kafein tanpa kakao dan plasebo dengan baik kafein atau kakao.
Sebelum mereka melakukan hal ini, peserta melakukan serangkaian tes untuk mengevaluasi suasana hati, tingkat konsentrasi dan motivasi mereka untuk melakukan tugas-tugas kognitif.

5.   Aman dari efek samping kafein
Kopi minuman nikmat namun kurang disukai oleh para pengidap panic disorder dan social anxiety disorder. Kandungan kafein dalam kopi memicu kegelisahan yang akan memperparah kondisi kejiwaan orang-orang tersebut.

Sebuah penelitian di New York menemukan trik sederhana untuk menangkal efek tersebut. Supaya aman dari efek samping kafein, penelitian ini menganjurkan agar kopi dikombinasikan dengan minuman yang tak kalah populer, yakni cokelat.
Cokelat sendiri dikenal memiliki efek positif bagi otak. Dikutip dari Bustle, minuman ini bisa meningkatkan aliran darah serebral di otak, yang membuat kemampuan kognitif meningkat.
Kafein juga memiliki efek serupa, namun tidak semua orang suka dengan efeknya yang membuat jantung berdebar-debar. Mengombinasikan kopi dengan cokelat, dalam penelitian ini terbukti bisa menangkal efek negatif tersebut


Lha biar nggak repot-repot dan bisa langsung gigit paduan kopi dan coklat ini, salah satu UKM anak Negeri memproduksi kopi coklat dan selai kopi coklat De Kofie dari Sejahtera Sentosa Indonesia.
Komposisi dari kopi coklat ini adalah kakaodan kopi murni. Netto 100 gram dibandrol harga 25.000.
Untuk selai kopi coklat netto 220gram dibandol harga 50.000
Harga minimalis dengan manfaat maksimalis ini bisa dipesan di Mbak Ernyk yang ramah 081931566296


2 comments:

  1. Wah saya gak ngopi, jadi gak tau rasa dan beda nya kopi itu seperti apa

    ReplyDelete

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

Powered by Blogger.