Rekomendasi Wisata Edukatif di Jogja - Rumah Cinta Zie

Rekomendasi Wisata Edukatif di Jogja



Rekomendasi Wisata Edukatif di Jogja

Salah satu tepat wisata favorit saya adalah Yogyakarta. Tiap kesini selalu ramai, entah saat liburan, entah saat hari aktif. Tak heran jika Yogyakarta mendapatkan penghargaan kota ternyaman atau liveable city pada tahun 2014.
Penghargaan tersebut didasarkan atas 7 variabel utama dalam sebuah kota, yaitu fisik kota, kualitas lingkungan, transportasi dan aksesibilitas, fasilitas, utilitas, ekonomi, dan sosial. Tidak heran dengan mendapatkannya penghargaan tersebut banyak warga dari daerah lain yang datang untuk menempatkan Jogja sebagai rumah kedua, atau hanya sekedar untuk berwisata. 
Sebagai daerah istimewa yang disebut sebagai kota pendidikan, Jogja mempunyai beberapa tempat wisata edukatif yang tersebar di seluruh wilayah Jogja, mulai dari Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Kulon Progo, sampai Kota Madyanya. Untuk mempermudah dalam mencari referensi tempat wisata di Jogja, berikut akan saya rangkum beberapa tempat-tempat wisata terbaik juga edukatif yang terdapat di jogja.

                    Museum Gunung Merapi

Rekomendasi Wisata Edukatif di Jogja
sumber: google map
Berada dekat dengan kawasan pegunungan, kabupaten Sleman mempunyai satu buah gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Jogja yang disebut sebagai kota pendidikan menggagas di bangunnya Museum Gunung Merapi. Museum ini terletak di Jl. Boyong Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dengan berdirinya museum ini, diharapkan masyarakat jogja atau wisatawan dari daerah lain untuk mengetahui aspek teknis aktivitas merapi, hingga masalah sosial dan budaya yang ditimbulkan dari meletusnya gunung berapi tersebut

                    Kinahrejo

Rekomendasi Wisata Edukatif di Jogja
sumber: Jogjasuper
Tahun 2015 Gunung merapi meletus dengan hebat, hingga menghancurkan seluruh desa yang berada di kaki gunung, tidak terkecuali dusun tempat menetapnya salah seorang tokoh yang dikagumi warga jogja sekaligus juru kunci gunung merapi, Mbah Maridjan. Dusun Kinahrejo yang beralamat di desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini mempunyai jejak tragis meletusnya gunung merapi, dari sisa tumpukkan lava, rumah juru kunci yang meninggal pada kejadian meletus, hingga souvenir-souvenir buatan asli penduduk dusun Kinahrejo.

                    Candi Prambanan

Rekomendasi Wisata Edukatif di Jogja
sumber: dok pribadi
Candi ini ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO, sebagai jejak peradaban warga Hindu di masa lampau. Candi Prambanan terkenal akan legenda pada zaman dahulu, yaitu legenda asmara tentang rasa cinta Bandung Bandawasa kepada Rara Jonggrang yang kandas karena Rara Jonggrang yang tidak ingin diperistri oleh Bandung Bandawasa. Dengan ketinggian 47 meter, Candi Prambanan adalah salah satu candi Hindu yang terbesar di seluruh Asia Tenggara. Tempat wisata ini bertempat di desa Bokoharjo, kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

                    Pantai Parangtritis

Rekomendasi Wisata Edukatif di Jogja
sumber: wowkeren
Salah satu yang menarik dari wilayah jogja adalah letaknya di tengah pulau jawa, dan bersebelahan dengan Samudra Hindia. Sehingga wilayah yang dekat dengan pesisir pantai yang mempunyai pemandangan indah dan dijadikan tempat wisata. 

Pantai Parangtritis berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tempat wisata ini bersebelahan langsung dengan Samudera Hindia yang luas, dan ombak-ombak yang tidak begitu besar, sehingga sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata bersama keluarga. Hal menarik di pantai ini adalah ketika malam satu suro atau tanggal 1 september diadakan ritual khusus untuk menyambut tahun baru Islam.

                    Goa Selarong

Rekomendasi Wisata Edukatif di Jogja
sumber: wisata yogya
Gua ini terletak di Dusun Kembangputihan, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gua ini terkenal akan ceritanya yang melegenda, dikisahkan bahwa dulu pernah singgah Pangeran Diponegoro yang sedang berperang melawan tentara Belanda pada tahun 1825. Gua ini juga digunakan sebagai tempat benteng pertahanan pasukan Diponegoro sehingga kadang warga menyebutnya sebagai Gua Diponegoro.

                    Goa Kiskendo

Rekomendasi Wisata Edukatif di Jogja
sumber: viva.coid
Gua ini merupakan gua yang terbentuk selama berabad-abad akibat tetesan air yang menetes ke bawah. Terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Gua ini mempunyai daya tarik batu-batu khas gua yang masih alami serta air yang sangat sejuk. Di sini juga bisa mandi di sekitar Goa Kiskendo. Tempat wisata di Jogja ini mempunyai kisah asmara tokoh wayang yaitu Rama dan Sinta, dan konon tempat ini adalah persembunyian Hanoman yang berwajah seram.

                    Kedung Pedut

Rekomendasi Wisata Edukatif di Jogja
sumber: wikipedia
Jika teman-teman masih berada di Goa Kiskendo dan ingin menceburkan diri ke air yang sejuk, teman-teman harus coba untuk datang ke Kedung Pedut. Lokasi nya masih di Desa Jatimulyo sebelah selatan dari Goa Kiskendo. Kedung berasal dari bahasa jawa yang berarti kubangan air yang dalam. Air di tempat wisata ini mempunyai warna hijau zamrud, yang masih segar dan jernih. Disini juga bisa loncat dari air terjun mini yang terdapat di Kedung Pedut.

Itulah beberapa referensi tempat wisata di Jogja yang keseluruhannya mempunyai sejarah dan makna yang mendalam bagi masyarakat di sekitarnya. 

8 comments:

  1. Wow, jogja memang ngangeni ya mbak. Selalu pingin kesini lagi. Terutama pingin nyruput ronde nya, hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. destinasinya seabreg,... ada lagi ada lagi..hehe

      Delete
  2. Keren Mbak...saya yang pernah ke Parang tritis saja

    ReplyDelete
  3. Jogja adalah Kota yang pengen banget kesana, ah harus bujuk Pak Suami nih biar diajakin kesana
    Lihat ulasan ini Makin mupeng ^^

    ReplyDelete
  4. Aseeek... saya belum pernah semua ini mbak, semoga pas ke Jogja lagi bisa berkunjung ke tempat rekomen ini. Makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

Powered by Blogger.