Hari Blogger Nasional: Blogger Malang Bersatu Sambut Era Industri 4.0




Hari Blogger Nasional: Blogger Malang Bersatu di Era Industri 4.0
sumber: Instagram Malang Citizen

Sebagai seorang blogger, tanggal 27 Oktober menjadi hari yang spesial. Ada apa gerangan? Tak lain tak bukan karena tanggal 27 Oktober adalah hari Blogger Nasional. Ada ya hari Blogger Nasional? Ada dong!
jadi ceritanya tahun 2007 ada Pesta Blogger di Blitz Megaplex, Grand Indonesia. Event ini sebagai ajang kopi darat (kopdar) blogger nasional untuk pertama kalinya dan dihadiri Pak Mohammad Nuh Menteri Komunikasi dan informatika (Menkominfo). Tanpa ada yang menduga sebelumnya, Mohammad Nuh yang hadir memberikan pembukaan secara spontan mengukuhkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Surprise nggak sih? Pernyataan ini langsung disambut sorak sorai oleh tamu undangan.
Untuk memperingati hari Blogger Nasional tahun 2018, beberapa komunitas Blogger Malang juga mengadakan Pesta Blogger dengan tajuk Blogger Malang Bersatu & Bersinergi.
Minggu 28 Oktober 2018 bertempat di Seven Chicken acara ini digelar. Sebenarnya masuk moment Sumpah Pemuda juga. Pas nih, bersatu dan bersinergi. Trus apa hubungannya dengan Industri 4.0 . wait.. penjelasannya ntar ya..
Sekarang balik ke acara. Pada moment ini hadir 4 komunitas Blogger Malang, diantaranya adalah Mas Endrita Malang Citizen, Mas Ihwan Blogger Kekinian, Mbak Ivonie Emak Blogger Malang, dan Mas Himam Bolang (Blogger Kompasiana) plus moderator yang tak lain adalah Fauziah anggota keempat komunitas tersebut.

Bicara perkembangan blogger, tiap tahun bermunculan banyak blogger baru. Mulai dari yang menulis untuk curhat, berbagi, hingga professional dan profit oriented. “Bahkan ada yang resign dari pekerjaan dokter dan guru hingga beralih menjadi blogger. Dengan kata lain profesi blogger bukan profesi ecek-ecek,” ujar Fauziah di awal acara.
Moderator
Hal ini didukung oleh pernyataan Mbak Ivon kordinator Emak Blogger, “kita ngeblog tidak hanya menjalin silahturahim tapi juga kolaborasi dan mengais rezeki.”

Dikuatin ma penjelasan Mas Ihwan di tema berkah nge-blog. Ada seabreg berkah dari ngeblog yang bisa kita dapet. Yess.. apalagi blog adalah salah satu yang sudah aja sejak dulu dan semakin diperhitungkan kini. Banyak orang membuktikan dari blog bisa menghasilkan. Selain itu kemudahan mendapatkan uang yang ditawarkan dari aktifitas blogging membuat banyak orang yang mulai menekuni aktifitas ini sebagai sebuah profesi. dunia blogging saat ini sebagai sebuah bisnis yang menjanjikan.

Trus bagaimana sih agar bisa istiqomah nge-blog? Pertanyaan ini dijawab oleh Mas Himam, “jika punya ide maka tulislah. Tidak perlu menunggu untuk menyusun kerangka tulisan. Ide itu easy come, easy go. Dia akan datang tanpa diundang dan bisa pergi tanpa berpamitan. Selain itu jangan membuang tulisan yang gagal publish. Siapa tahu, tulisan tersebut bisa menjadi bagian dari tulisan yang lain. Disiplin bisa membangun kebiasaan, dan kebiasaan akan menjadi budaya.” Sepakat banget, so yuk konsisten nulis.

Trus apa hubungannya ma industri 4.0, masalah ini dijelaskan oleh Mas Endrita, “Revolusi Industri 4.O atau industri generasi empat adalah industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Maka mau tidak mau sekarang yang dunia serba online, kita juga harus mengimbanginya. Banyak profesi baru muncul dan banyak juga profesi lama yang mulai ditinggalkan. Baiknya kita menyesuaikan diri dengan tetap punya rambu-rambu sesuai dengan norma dan nilai. Salah satunya blogger, blogger adalah profesi di era ini. Saya pernah baca, barangsiapa hidup pada suatu jaman dan dia tidak mau berdamai dengan jaman itu, maka siap-siap untuk tergerus jaman. Jadi emang dah kewajiban kita buat ikutin perkembangan zaman.

Yesss.. saat ini budaya literasi digital kian berkembang dengan pesat dan menarik banyak kalangan. Trus, kan banyak tuh blogger? Apa nggak saingan? Sekarang bukan jamannya saingan gengs.. tapi jaman kolaborasi. Jadi, sesame blogger bukan competitor, melainkan kolaborator.
But, apapun jamannya jika kita punya keinginan untuk berbuat baik dan bermanfaat serta bisa menghasilkan dari blog, its oke. Kita bisa ambil porsi masing-masing. Bukan untuk saling mengalahkan tapi untuk saling melengkapi.
Syukur acara yang berlangsung jam 10.00 hingga 13.30 berjalan dengan lancar. Peserta antusias bertanya dan pemateri menjawab dengan professional. Semoga acara-acara serupa untuk menyebar virus literasi digital bisa rutin diadakan. Berbagi nggak pernah rugi Gaess…

Taratengkyuuu buat sponsor yang udah berjasa banget membantu acara ini

Video Keseruan Hari Blogger Nasional: Blogger Malang Bersatu di Era Industri 4.0



No comments

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

Powered by Blogger.