Beli Tiket Pesawat Mendekati Waktu Keberangkatan Menguntungkan atau Merugikan?



Beberapa waktu yang lalu saya sempat dimintai tolong untuk membeli tiket oleh seseorang yang sudah saya anggap sebagai keluarga sendiri. Tapi sayang, ia meminta tolong di saat hari atau jadwal penerbangan yang ia minta sangat mepet.

Di samping saat ini sedang menjelang high season ternyata faktor waktu juga cukup banyak mempengaruhi harga tiket. Walaupun saya tahu bahwa Beli tiket pesawat murah hampir tidak mungkin dapat dilakukan apabila kita membeli dalam waktu yang sangat berdekatan dengan hari keberangkatan, namun tetap saja saya berusaha untuk mengulur-ulur waktu dan berharap harga tiket pesawat akan turun.

Ketika saya mengecek harga tiket di pagi hari, harga sudah naik lebih dari 30% dari harga biasanya. Ketika saya cek di siang hari, ternyata harga tiket kembali berubah. Tapi bukannya turun, harga tiket justru naik. Begitu juga ketika saya mengecek kembali di malam hari. Karena takut harga tiket akan terus naik akhirnya saya memutuskan untuk membeli, sekalipun harganya sudah naik jadi dua kali lipat.

Dari pengalaman saya tersebut, kita bisa menyimpulkan kalau beli tiket ketika waktu sudah mepet ternyata justru merugikan.

Sebenarnya saya pun sudah tahu bahwa beli tiket pesawat murah memang sangat tidak mungkin dilakukan apabila mendekati waktu keberangkatan yang telah kita tentukan. Meski demikian saya tetap  berharap harga tiket akan turun saat itu. 

Walaupun ada promo tiket pesawat, kadang-kadang hal tersebut justru tidak banyak membantu, mengingat kenaikan harga tiket yang sudah sangat signifikan.
Untuk itu, bagi teman-teman yang suatu saat nanti rencana untuk pergi liburan, mudik, atau punya rencana travelling bisnis dan mengharuskan untuk membeli tiket, ada baiknya teman-teman menerapkan beberapa tips berikut ini agar dapat harga murah.

1.    Pesanlah tiket lebih awal

Dari pengalaman saya, kita bisa mengambil pelajaran bahwa tiket pesawat murah sangat sulit didapatkan apabila kita membelinya di waktu yang sangat sempit menjelang keberangkatan.
Jadi, sebisa mungkin, belilah tiket jauh-jauh hari sebelumnya agar sempat mencari tiket promo atau tiket murah. Lebih oke lagi kalau tengah malam. Banyak promo euy.

2.    Biasakan mengecek harga tiket beberapa kali dalam sehari

Jika sudah merencanakan jadwal keberangkatan, sejak saat itu harus rutin mengecek harga tiket dengan menggunakan aplikasi toko online agar lebih mudah dan cepat. Karena harga tiket bisa berubah-ubah naik atau turun setiap saat.
Biasanya, perubahan harga tiket terjadi pada pagi hari, siang, sore, dan juga malam hari.


3. Cobalah mencari tiket promo di toko online

Saat ini semakin banyak toko online yang ikut menjual tiket pesawat. Salah satu toko online yang saya tahu sering menjual tiket pesawat murah adalah Bukalapak.
Online shop yang satu ini tidak hanya menjual tiket pesawat, melainkan juga menawarkan tiket kereta api serta tiket bus untuk berbagai tujuan di pulau Jawa, Sumatera, dan juga Bali hingga Lombok.



4. Cara yang bisa dicoba untuk mendapatkan tiket promo di online shop Bukalapak

Kunjungi halaman promo. Kalau membuka toko online Bukalapak dengan menggunakan aplikasi, teman-teman bisa langsung melihat tombol bertuliskan Spesial Promo di bagian atas Home screen aplikasi tersebut.
Di halaman promo, teman-teman bisa mencari voucher diskon atau cashback yang ditawarkan oleh toko online. Jika ada, bisa memanfaatkan voucher tersebut untuk membeli tiket pesawat murah.
Selain cara tersebut, teman-teman bisa juga mencoba cara lain yaitu, dengan berlangganan newsletter agar setiap kali ada promo dapat email, so lebih dahulu tahu sehingga punya kesempatan lebih besar untuk mengklaim promo tersebut.
Itulah beberapa tips beli tiket pesawat murah yang bisa teman-teman coba terapkan jika suatu saat nanti membutuhkan tiket pesawat dengan harga yang terjangkau. Semoga tips diatas bisa membantu berhemat saat butuh tiket.



33 comments:

  1. Makasih tips-nya. Insya Allah bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Aku kalo merencanakan berpergian dari jauh-jauh hari supaya bisa search tiket yang paling pas di kantong.. hehe

    ReplyDelete
  3. Wah di Bukalapak udah bisa beli tiket pesawat ya? Boleh ni dicoba

    ReplyDelete
  4. Buka lapak juga bisa beli tiket pesawat ya, baru tahuuu

    ReplyDelete
  5. Iya, sebaiknya jauh hari lebih murah biasanya ya

    ReplyDelete
  6. Aku mau noh tiket murah buat liburan akhir tahun

    ReplyDelete
  7. Bawa anak-anak. Bagusnya pake maskapai apa ni zie

    ReplyDelete
  8. Baru th banget kalau bukalapak bs beli tiket pesawat. Hehehe

    ReplyDelete
  9. Aku pernah ini, beli tiket pesawat langsung di bandara. Untungnya saat itu harganya standar aja.

    ReplyDelete
  10. Tips yg berguna bagi traveler. Terima kasih kk

    ReplyDelete
  11. Langganan saya ni buat beli tiket pesawat... Apalagi kalau ada cashback-nya.... ^_^

    ReplyDelete
  12. Intinya harus sering cek berarti. Karena fluktuatif

    ReplyDelete
  13. Pernah sekali beli tiket yang dadakan, karena waktu itu diharuskan berangkat dan hasilnya harganya lumayan memguras dompet haha

    ReplyDelete
  14. Bahkan teman-teman kerja saya sepulang mudik nyampe rumah langsung beli tiket lagi untuk lebaran tahun depannya.

    ReplyDelete
  15. Sekarang all product bisa dibeli di bukalapak,tak hanya pesawat, bahkan juga BPJS. Sangat membantu

    ReplyDelete
  16. Nah, rasa penasaran saya terjawab dituliskan ini...

    ReplyDelete
  17. Pas banget yaak Desember mau liburan ada tiket promo hehe

    ReplyDelete
  18. aku belum pernah coba pakai Bukalapak, makasi ya infonya..

    ReplyDelete

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

Powered by Blogger.