Keripik Jamur Bonafide Kota Malang: Oleh-Oleh Crunchy dari Kota Malang

Keripik Jamur Bonafide Kota Malang: Oleh-Oleh Crunchy dari Kota Malang



Cemilan bagi saya adalah teman yang harus ada saat nulis. Dulu saya termasuk yang nggak suka nyemil, cuman karena kalau sudah di depan laptop lupa makan, jadi sekarang wajib nyemil. Biar nggak kelaparan. Kasihan lambung kalau nganggur, sedang otak terus berpikir. Lha salah satu cemilan favorit saya adalah keripik jamur.
Bicara keripiki jamur, beberapa hari lalu saya bertemu dengan pemilik usaha Keripik Jamur Bonafide, Bapak Achmad Abdul Chalim dan Bu Diah April. Saya banyak belajar dari pengalaman beliau saat mendirikan usaha kripik jamur.
Usaha yang dimulai tahun 2002 ini awalnya hanyalah budidaya jamur tiram yang dijual dalam keadaan segar ke konsumen. Karena budidaya jamur ini berkembang, setiap hari selalu panen, dan mengharuskan langsung diolah dalam keadaan segar. Apabila dibiarkan akan mengurangi kualitas yang dihasilkan. Masalahnya, saking banyaknya jamur dan tidak selalu habis, hingga terkadang terbuang. Dari sinilah terbesit ide untuk memproduksi makanan ringan dari jamur.
Keripik Jamur Bonafide Kota Malang: Oleh-Oleh Crunchy dari Kota Malang


Keripik Jamur Bonafide Kota Malang: Oleh-Oleh Crunchy dari Kota Malang

Tahun 2004 usaha keripik jamur ini berdiri, bertempat di Lembah Dieng. Memulai usaha pastinya penuh perjuangan. Mulai dari modal, tenaga kerja, poduksi, pengemasan, hingga pemasaran. Untuk pemasaran, Bu Diah dan suami membangun relasi antar outlet-outlet yang menjual makanan khas yang ada di Kota Malang dan Kabupaten Malang, Kota Batu hingga Bali dan Lombok.
Saat silahturahim, saya penasaran dengan proses pembuatannya. Eee… saya diajak ke lantai dua untuk melihat proses pembuatannya langsung. Mulai dari mentah, penggorengan, hingga pengemasan.
Jadi nih keripik diproduksi dari jamur tiram segar pilihan yang ditanam secara organik. dan diolah secara higienis. Para pekerja memakai sarung tangan saat membuat. Pembuatan keripik jamur tiram ada yang disuir dan ada yang utuh, jadi serat-seratnya masih terlihat,  wah ternyata bisa dibuat beberapa versi ya.


proses penggorengan
Jamur siap dikemas
Untuk pengemasan, ada yang menggunakan plastik ada yang menggunakan aluminium foil. Tetapi yang terbaik menggunakan aluminium foil. Ini karena kerenyahan rasa dan keawetan produk dapat terjaga dengan lebih baik. Proses pengemasan yang kekinian, membuat keripik bertahan lama.
Rasanya? Rasanya kriuk, lezat, dan berasa jamur beneran. Emang jamuran beneran hahaha. Sangat cocok menemani makan, sebagai cemilan, dan untuk oleh-oleh. Saya jadi kepikiran, misal tanggal tua alias penghematan, beli jamur ini saja trus masak nasi dan buat sambal. Ehm.. nikmat. Ini bukan hoax, saking crunchy nya, sekali lihat film, saya bisa menghabiskan satu sachet besarnya. Ini laper apa doyan.
Keripik Jamur Bonafide Kota Malang: Oleh-Oleh Crunchy dari Kota Malang
Jamur Merang

Next ke harga. Harga keripik jamur ini pas banget buat kantong kita-kita.

Harga Keripik Jamur Bonafide

1.      Tiram Original, berat 160 gram,harga  +-15.000an
2.      Tiram Pedas Manis, berat 150 gram,harga +-15.000
3.      Tiram Super, berat 100 gram, harga 10.000
4.      Kancing /Champignon
- foil 100 gram, 13.000
- kaleng 120 gram, 15.000

5.  Jamur Kuping, berat 90 gram, harga 10.000
Keripiki Jamur Bonafide bisa diperoleh di .
1.      Malang: daerah Sanan Lancar Jaya, Pia Mangkok, Rohani, Pak Tohir, Toko 99, Toko Bu Noer Lawang
2.      Batu: Toko Tino, Toko Brawijaya, Snack Center, Brosem, Camilan Nusantara (Jatim Park dan BNS)
3.      Lawang: Bakpao Telo, Sensa, dn HTS
4.      Probolinggo: RM Bromo Asri

5.      Denpasar: Toko Larisa depan Jogger
 Coming soon Surabaya, Siodarjo, dan Kediri
Surat PO ekspor perdana ke Malaysia, kerjasama dengan Bakpao Telo SPAT, dokumentasi tahun 2005

Keripik Jamur Bonafide juga menerima kerjasama pemasaran. Buat teman-teman yang tertarik bisa menghubungi
Narahubung
Bu Diah April
No WA 081.2525.8689
Lembah Dieng G2-14
Kota Malang
Sosmed Keripik Jamur Bonafide
           
Keripik Jamur Bonafide Kota Malang: Oleh-Oleh Crunchy dari Kota Malang




16 comments:

  1. Jamur ini favorit saya banget. Diolah apapun selalu suka. Ditumis, disayur, digoreng, dijadikan keripik, di balado, semuanya enak.

    ReplyDelete
  2. Aku juga suka banget sama kripik jamur tiram. Pernah pas rapat ada yang bawa kripik ini eh kuhabisin. Heu

    ReplyDelete
  3. Mauu keripik jamurnya ,tapi mb zie kenapa ya kalo aku makan keripik jamur, dinding dalam samping mulutku kayak bengkak gitu tapi lama lama kempes sendiri, kenapa tu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini mbaaak.. eh betewe mbak bengkak itu habis makan jamur apa? Tiram? Kuping? Kancing? Atau?

      Delete
  4. Ada pengiriman luar kota gak mbak? Aku salah satu penikmat jamur hehehe... tapi lebih suka PETE sih.. 😀

    ReplyDelete
  5. Kemasannya juga menarik untuk dimakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan mbak..kemasannya jangan dimakan.. cukup isinya saja..hahahha

      Delete
  6. Anak-anak suka beli di mall, enak dimakan dan gurih

    ReplyDelete
  7. Saya kurang suka jamur, ntah kalo sudah dijadikan kripik. Kapan2 nyoba ah..

    ReplyDelete
  8. Belum pernah coba keripik jamur, tapi kalau jamurnya sendiri kurang suka.. Tp bapak dan ibu ini benar2 sangat menginspirasi, keduanya bisa sukses dengan pekerjaan yg dinikmati..

    ReplyDelete
    Replies
    1. weeewww... bapak ibu pengusaha jamur bonafide pasti senyum-senyum baca komentar mbak Astina...hehe

      Delete

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

Powered by Blogger.