Header Ads

Tips Packing Liburan Ke Luar Negeri

sumber:pixabay.com

Buat para traveler pasti pernah merasakan bagaimana mengatur bawaan atau packing agar efektif. Packing adalah salah satu seni pada momen liburan yang menuntut kita untuk kreatif. Ketika salah packing, bisa jadi merusak seluruh momen liburan. Pastinya sayang banget kan kalau hal itu sampai terjadi? Apalagi kalau liburannya ke luar negeri, yang pastinya biayanya juga nggak sedikit.

Banyak yang salah packing ketika liburan di negeri orang. Ada banyak hal yang menjadi masalah, salah satunya adalah cuaca dan rasa takut kehabisan baju selama di sana. Akhirnya membawa barang yang tak penting dan kemudian menambah berat koper. Munadzir kan?

Lha biar acara liburan ke luar negeri  lebih seru, coba cek beberapa tips packing berikut ini yuk…

Cek Batas Bagasi

Masing-masing maskapai punya batas bagasi yang berbeda. Seperti maskapai Lutfhansa yang memberikan batas maksimal 23 kilogram untuk kelas ekonomi dan 32 kilogram untuk kelas bisnis. 

Agar tidak terkena biaya tambahan, pastikan menimbang koper baik-baik sebelum berangkat.
Lutfhansa pun memberikan batas maksimal ukuran koper yang bisa masuk ke bagasi, yaitu maksimal 158 cm. Sementara batas maksimal tas yang bisa masuk ke kabin adalah 55 x 40 x 23cm.

Dengan rute penerbangan Lutfhansa yang menjangkau berbagai Negara di Eropa dan banyak Negara di belahan dunia lainnya, ukuran ini bisa jadi salah satu patokan dasar packing ke luar negeri.

Cek Cuaca

sumber:cnet.com
Cek cuaca ini penting banget buat traveler. Karena barang yang dibawa pada musim panas tentu berbeda dengan musim dingin. Yang perlu diperhatikan adalah, cuaca negara tempat tujuan liburan nanti. Karena banyak tempat yang meski sedang musim panas, namun memiliki udara yang sangat dingin, seperti di Jerman.

Bawalah dua jenis jaket untuk musim seperti ini. Satu letakkan di bagasi, yang lebih tipis bawa ke dalam kabin pesawat sebagai jaga-jaga kalau perlu untuk menghangatkan tubuh.

Bawa Tas Tangan atau Tas Pinggang

Masukkan benda-benda seperti ponsel, charger, powerbank, paspor dan dokumen lainnya di dalam tas ini. Jangan lupa untuk membuat salinan dokumen yang dibawa dalam perjalanan dan pisahkan antara dokumen asli dengan salinannya. Penting sekali untuk membuat salinan, sebagai jaga-jaga kalau dokumen hilang di perjalanan.

Pembagian Tempat

sumber:eaglecreek.com
Masukkan baju, sepatu dan benda berbentuk cair dalam koper yang bakal masuk ke bagasi pesawat. Pastikan jumlah cairan yang ada dalam koper ini tidak melebihi batas agar bawaan tak dibongkar oleh petugas. Kunci koper dengan baik, tambahkan label koper sebagai penanda ketika hendak mengambilnya nanti ketika turun dari pesawat.

Untuk tas yang akan dibawa ke kabin, isi dengan satu setelan baju ganti, jaket tipis, perlengkapan mandi dan ibadah serta barang berharga seperti laptop atau barang lainnya yang lebih baik diamankan di kabin. Pastikan ukuran tas bisa masuk ke dalam kabin agar tidak ditolak oleh petugas maskapai.

Cek Batasan Benda Cair

Tidak hanya benda dalam bentuk minuman yang diperiksa oleh petugas, namun juga benda-benda seperti pelembab, sabun mandi, minyak angin, dan banyak benda cair lainnya yang juga diperhitungkan oleh maskapai. Karena itu periksa dengan benar jumlah benda cair yang bisa dibawa agar tidak perlu bongkar tas di bandara.

Praktisnya, masukkan benda-benda ini ke botol kecil, bawa secukupnya saja. Demikian pula dengan baju ganti, bawa seperlunya saja dan jangan lupa membawa plastik pembungkus baju kotor agar tidak tercampur dengan yang bersih selama perjalanan.


10 comments:

  1. Wah baru tau saya klo benda cair ada aturannya juga

    ReplyDelete
  2. Wah terimakasih tipsnya mbak
    Memang sebaiknya packing se-efisien mungkin dan taati peraturan yang berlaku ya
    Jalan2 aman tanpa deg2an hehe

    ReplyDelete
  3. Paling sering adalah membawa cairan, apalagi banyak orang belum tahu bahwa minyak angin, parfum, dan lotion termasuk benda cair, jadi emang kudu banyak membaca kalau mau jalan-jalan ke luar negeri. TFS mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak.. soalnya kalau melebihi standart bandara dirampas... aku pernah bawa susu dirampas heheh

      Delete
  4. Cairan ini emang urgent, dulu pas acara kantor ke LN juga yang paling utama diingetin soal berat benda cair yang dibawa termasuk parfum hingga lotion.

    ReplyDelete
  5. Emang suka bingung soal bawaan kalau mau pergi2. Tipsnya membantu sekali, mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya pingin bawa semua ya mbak? takut ada yang kurang? heheh

      Delete

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

Powered by Blogger.