Pengalaman Pertama Naik Pesawat


Naik pesawat adalah hal yang mewah bagi saya yang notabenenya guru swasta. Penghasilan perbulan cukup untuk bayar kos dan makan, kalau ada lebih baru bisa beli buku. Bisa dibayangkan sendiri, harga kos sekitar 50% dari gaji guru.

Pengalaman pertama naik pesawat adalah saat dapat undangan tes beasiswa S-2 dari Kemedikbud tahun 2015. Saat itu masih lolos seleksi administrasi, lanjut tes tulis di Bali. 

Sebenarnya saat itu masih belum berani naik pesawat. Bayangin bagaimana lepas landasnya. Maklum takut ketinggian. But if we never try, we’ll never know. Selalu ada yang pertama. Bismillah

Pengalaman pertama yang bikin dag dig dug.. selain takut ketinggan juga karena jarak undangan dan tes tak lebih dari seminggu. Sedang saya belum pernah beli tiket pesawat.  Saat itu saya coba googling tempat pemesanan pesawat yang dekat dengan kos. Maklum saya tidak ada kendaraan dan tidak bisa mengendarai motor. Mengamati alamat penjualan tiket pesawat di peta, dahi saya berkerut. Tuh tempat baru bisa dijangkau dengan dua kali angkot. Saya lihat teman kos yang di kamar lain. Sepi! Sepertinya sedang keluar. Nggak ada yang dimintai tolong buat antar.

Saya coba wa teman-teman untuk tanya tempat jual tiket online yang bisa dipercaya. Sebagian besar teman menyarankan unduh aplikasi traveloka. Ingatan langsung melayang ke iklan traveloka di TV. Kenapa nggak dari tadi ingatnya!

Saya pun mengucapkan terimakasih ke teman yang memberi tahu dan segera unduh aplikasi. Mengikuti langkah demi langkah pemesanan. Dan taraaa… kita bisa bandingin harga tiap brand pesawat. Traveloka memiliki fitur best price finder yang pas buat pemula seperti saya. mudah sekali… habis transaksi online, transfer, tiket langsung dikirim email. Pesawat pertama yang akan menerbangkan saya adalah Citilink. Dengan Traveloka #JadiBisa.
Jarak pemesanan dan transfer pun tak terlalu cepat. Jadi buat yang tidak punya mobile banking punya waktu ke ATM

Setelah transfer langsung dapat email tiket pesawat

Tiket sudah di tangan. Siap-siap ke terbang. H-1 saya ke bandara, nginep di sana. Soalnya penerbangan pagi dan tidak ada travel yang on tengah malam. Jadi ya jalan-jalan dulu ke bandara. Syukurlah bandara ramai dan aman.

Satu setengah jam sebelum terbang, saya check in. check in bisa dibilang sangat mudah. Tinggal menunjukan foto tiket kita. Saat itu saya belum tahu kalau bisa check in online. Setelah ada check in online, cukup check in via handphone dan bisa langsung pilih tempat duduk.
Di bandara kode tiket dari traveloka kita, diganti ma tiket dari brand pesawat yang kita pilih
Teknologi benar-benar memudahkan dan mempercepat pekerjaan kita. Nggak ribet harus antri atau berebut tempat duduk.

Hal yang tak bisa saya lupakan saat terbang pertama kali adalah saya habis beberapa permen untuk mengurangi nervous hahaha… dari beberapa artikel yang saya baca, mengunyah permen bisa membuat lebih nyaman saat terbang. Jadi saya prepare bawa banyak permen.

Setelah merasakan bagaimana mudah dan murahnya pembelian tiket melalui traveloka. Sekarang tiap terbang selalu pakai aplikasi ini. apalagi sering ada promo dan ada poin yang bikin penerbangan hemat. Jadi sering-sering cek harga tiket pesawat.

Seperti saat liburan di Lombok. Saya dan teman-teman kuliah dapat tiket murah banget. Ini karena Traveloka menyediakan filter  fitur best price finder. JAdi kita bebas pilih tiket yang sesuai dengan kantong. Kami yang belum pernah ke Lombok akhirnya memutuskan untuk mengalokasikan uang beasiswa buat liburan ke sana. Sekalian main ke teman yang rumahnya di Lombok.
 fitur best price finder

Bisa pesan rombongan juga
Notif bisa via SMS

Banyak yang tanya, banyak duit ya? Liburan ke Lombok euy.. Seaandainya tahu berapa budget kami ke Lombok pasti kaget. Karena dapet harga tiket pesawat inilah pengeluaran tidak membludak. Boleh bocorin harga nggak ya? Ehm.. boocorin deh… jadi kami dapat tiket PP Surabaya Lombok dengan harga 500.000. seru nggak sih? Dengan Traveloka #JadiBisa.


Tak hanya itu, saat jadwal mendadak berubah pun. dengan mudah kami reschedule. dalam hitungan menit, pengaturan jadwal bisa dilakukan. 

Ehm Traveloka benar-benar bikin pingin terbang dan terbang lagi. Harga yang murah bikin ketagihan. Beberapa bulan lalu, saya dan teman-teman pingin jalan-jalan ke luar negeri. Ya namanya tugas belajar, bebas tanggungan mengajar. So, pas libur kuliah maluncurlah kami ke Singapura, Malaysia, dan Melaka. Ini pun dapat harga miring…





Sering-sering aja gini hehehehe..

Saat tugas negara pun prefer beli tiket pesawat pakai Traveloka. Udah terbukti mudah dan murah.
Perjalanan terbaru kemarin, saat ke Jakarta buat meet up dengan Insto dan pemenang lomba menulis. Saya pun beli di Traveloka.

Dulu, naik pesawat adalah hal yang sulit saya jangkau. Alhamdulillah lewat mimpi-mimpi yang saya tulis di dreamlist,, ada banyak kesempatan buat naik pesawat. Entah dari biaya sendiri, hadiah, atau tugas negara.
Jadi ingat ucapan Nelson Mandela, “a winner is a dreamer who never gives up”.
Intinya.. percayakan penerbangan Anda pada Traveloka. Mudah,, murah, dan terpercaya. So, lets fly with Traveloka!



About Fauziah Rachmawati

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

25 komentar :

  1. Waaaah mantaap! Nanti aku pesen tiket pesawat di traveloka aah...

    BalasHapus
  2. Waaaah mantaap! Nanti aku pesen tiket pesawat di traveloka aah...

    BalasHapus
  3. Ya ampun itu beli tiket ke lombok berapa bulan sebelumnya bisa dapet murah banget? 😱😱

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya beberapa hari.. g sampai 5 hari sblm penerbangan mbak..

      Hapus
  4. Dengan traveloka #jadibisa beli tiket sendiri yah

    BalasHapus
  5. Dulupertama kali naik pesawat pas ada liburan kantor bapak, usia 5 tahunan, keinget pagi2 masih blm melek dibawa aja ke bandara, ganti baju di sana haha

    Sekarang impianku pengen naik pesawat ke Jepang soon aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. ganti baju di bandara hehehe..
      aamiin.. semoga bisa satu program travelling dengan Mbak April..

      Hapus
  6. waah,pengalaman pertama itu bikin deg-degan yah, dulu pertama kalinaik pesawat tahun 2008 diajak suami ke Singapura, pengen ke sana lagi, sekarang ada buntut

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiiii pengalaman pertama langsung ke Singapura... kereen...

      Hapus
  7. edan itu dr surabaya kenapa murah bener ya. ke malaysia juga..ckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu'um Mbak... kalau pas promo harganya ngeriii... bikin pingin langsung beli aja...heheh

      Hapus
  8. Jujur saja,saya belum pernah naik pesawat seumur hidup saya, hehehe.... Pastinya deg-degan banget klo baru pertama kali.

    BalasHapus
  9. Traveloka nih OTA favorit aku. Fitur best price findernya itu ngebantu banget ya mbak..

    BalasHapus
  10. Kalau lagi males ngantri di loket bandara, solusinya ya ini.. pake Traveloka ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk bener banget. Udah praktis dan murah pula

      Hapus
  11. Pengen banget jalan-jalan gratis. Pengen bisa punya kamera juga biar seru kalau foto ke tempat wisata. Traveloka sahabat yang mau beli tiket yang aman dan cepat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuuu mbak Naqyy.. traveloka sahabat perjalanan kita..

      Hapus
  12. Ayah saya suka pesan lewat traveloka kalau jalan2 :D keren kak

    BalasHapus
  13. Traveloka mmg memudahkan...

    Aku nginep hotel, bookingnya juga lewat traveloka

    BalasHapus

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)