3 Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi di Athena


Athena menjadi salah satu kota yang ingin saya kunjungi. Ada apa gerangan? Karena jaman saya kecil, kota ini sering menemani hari-hari saya. Hobi saya membaca dan banyak sekali buku bacaan yang saya baca bersetting Athena. Ada banyak kisah pahlawan, dongeng, dan mitos lahir dari kota ini. Bangunan-bangunan megah di sana juga semakin membuat penasaran.
Oke kita bahas tentang Athena, Ibu Kota Yunani selalu menarik perhatian terutama bagi orang-orang yang mempelajari mitos para dewa dan dewi. Meski saya bukan yang percaya mitos, saya penasaran dengan sosok kota ini.
Sesuai dengan namanya Kota Athena di sini pun terdapat patung Athena lengkap beserta ciri-cirinya.
Setelah agama Kristen masuk ke Kota Athena, sosok Dewi Athena muncul sebagai lambang kebijaksanaan dan kebajikan bukan untuk disembah lagi dan menghilangkan agama politeisme. Namun kisah Dewa dan Dewi Yunani ini selalu menarik perhatian setiap orang. Tak heran banyak film yang menceritakan kisah Dewa Dewi tersebut hingga Yunani pun dijadikan sebagai lokasi shooting-nya.
Ada beberapa lokasi di sini yang membuat saya penasaran, penasaran dengan dewa dewi tersebut. DI bawah ini tiga lokasi yang bikin saya penasaran dan sepertinya mantap untuk dikunjungi.
sumber: www.nashville.gov

1.   
Parthenon
Pathenon merupakan kuil bersejarah yang dibangun pada 5M dan didekasikan untuk Dewi Athena. Pathenon memiliki arti Kuil perawan mengingat menurut mitos Dewi Athena tidak memiliki suami atau kekasih. Pathenon terletak di Kota Athena, persisnya berada di atas bukit Acropolis. 
Parthenon tumbuh menjadi landmark Yunani meskipun bangunannya sudah tak seutuh dulu. Parthenon berbentuk persegi dan terbuat dari marmer-marmer putih yang berukuran besar dan bervariatif dengan gaya bangunan Doric.
Ciri-ciri khas bangunan Doric dapat terlihat dari kolom-kolom yang digunakan untuk batas ornamental.
Fungsi kuil Parthenon pun seapat beberapa kali berubah. Abad 6 Masehi, Parthenon difungsikan sebagai Gereja kemudian Yunani tunduk dalam kekhalifahan Turki Utsmani pada 1458 digunakan sebagai masjid dilengkapi fasilitas lainnya. Dua abad lamanya, Parthenon djadikan sebagai masjid sebelum Venesia mneyerang dan mengakibatkan hancur pada 1687.
Parthenon mengalami kerusakan parah pada 1800an.  Namun, peninggalan budaya ini tetap ada hingga sekarang dan banyak dikunjungi wisatawan. Dari bukit Acropolis kita dapat melihat rumah-rumah di Kota Athena yang seragam berwarna putih. Ehm….
sumber: dreamguides.edreams.com
2.  Theatre of Dionsysus
Setelah dari Parthenon, masih berada di satu kawasan Acropolis, saya ingin mengunjungi Theatre of Dionysus. Di teater terbuka dan megah inilah cikal bakal dunia teater Yunani dimulai. Pada Abad ke-6 sebelum masehi, Thepis memulai teater dihadapan para raja dan tamu.
Theatre of Dionysus dibentuk dari batu-batu yang telah mengalami perubahan bentuk bangunan selama sembilan kali sesuai dengan masa pemerintahan. Bangunan Thetre of Dynosius yang dilihat sekarang merupakan hasil perubahan dari Kaisar Romawi.
Untuk masuk ke Thatre ini tidak diperlukan biaya alias gratis, kita hanya perlu duduk sembari membayangkan bagaimana ribuan tahun lalu para pekerja seni menghibur raja dan tamunya di tempat yang sedang kamu duduki ini. Seru kan? Belajar yang menyenangkan, tak keluar kocek, dan bisa menjadi hiburan.
 
sumber:www.todayifoundout.com
3. Plaka
Di Yunani tak hanya ada bangunan-bangunan peninggalan kerajaan saja. Kita bisa nongkrong di kawasan Plaka. Sebuah kota kecil yang setiap jalannya hanya muat satu mobil untuk masuk.
Karena itu, wisatawan dan penduduk lokal prefer jalan kaki saja mengintari kawasan ini.  Baguslah jadi bebas polusi heheh.
Kota tua Plaka ini berada di ketinggian 180 meter dari atas permukaan laut. Jika ingin berjalan pagi hari mulai lah dari pukul 06.20 dimana matahari sudah mulai terbit dan terbenam dipukul 20.36 waktu setempat.
Untuk menuju Plaka, kita hanya perlu naik Metro seharga 0,8 Euro disetiap trip antar stasiun. Di Plaka kita dapat mencicipi kuliner dari Yunani seperti kudapan populernya ialah calamari atau cumi tepung goreng, mousakas yakni daging cincang, kentang rebus dan terong yang dioven, dan juga ice frappe. Lezaaaat…
Selain menikmati kulinerya, di Plaka adalah tempat yang tepat  jika kita ingin mencari oleh-oleh khas Yunani dengan harga miring. Oleh-oleh khas Yunani yang bisa kita bawa seperti sabun khas Athena, gantungan kunci ataupun replika Pathenon. Di pinggiran taman Kota Plaka, kita dapat menemukan pohon jeruk hasil perkawinan silang antara jeruk dengan buah yang seperti lemon. Sehingga rasanya pun asam bagaikan lemon. Pohon-pohon ini dijadikan hiasan pinggiran kota. Dari Kota Plaka, kamu bisa berjalan untuk menuju objek wisata Acropolis Athena dan juga Theater Dionysus.
Sebelum ke sini, ada hal yang perlu kita perhatikan, yaitu musim ketika akan berlibur ke Yunani. Jika musim dingin, suhunya tidak berbeda jauh dengan di Indonesia saat musim dingin yakni 12 derajat celcius hingga 19 derajat celsius.
Meskipun sudah terbiasa dengan udara dingin di Indonesia, sebaiknya tetap membawa jaket tebal atau berbulu.  Tiket paling murah menuju Bandar Udara Internasional Eleftherios Venizelos jatuh diharga Rp4.267.554 selama 25 jam 55 menit. 
Atau jika ingin lebih cepat, kamu dapat mengeluarkan kocek yang cukup tinggi tapi dengan fasilitas yang memadai dan memenuhi syarat kenyamanan yang dapat dipenuhi saat naik pesawat Garuda Indonesia. Dari Jakarta menuju Yunani, harga tiket pesawat Garuda Indonesia di Reservasi.com Rp13.876.500 hingga Rp39.239.400,- dengan perjalanan tersingkat yakni 17 jam.
Selama travelling, saya memiliki kebiasaan mengatur destinasi dan budget. Mengatur dari tempat pertama ke kedua dan seterusnya. Agar tak ada waktu yang terbuang. Semoga plan ke Athena dan sekitarnya bisa terwujud. Aamiin…




Previous
Next Post »

10 comments

Write comments
Lina Astuti
AUTHOR
29 August 2017 at 18:02 delete

Bangunan2 klasik dan bersejarahnya emang memikat bgt ya mba. Saya juga pengin kesana. Yuk lah nabung! :)

Reply
avatar
Anisa Ae
AUTHOR
29 August 2017 at 18:43 delete

Duh jadi pingin ke Yunani. Bangunannya itu lho sesuatu banget, apalagi banyak cerita soal dewa Yunani kuno yang bikin penasaran.

Reply
avatar
Eni rahayu
AUTHOR
30 August 2017 at 03:57 delete

Kalau mau ke athena ajak diriku ya mbak... #ngarep.com
Mupeng dg tempat wisatanya

Reply
avatar
30 August 2017 at 14:08 delete

yuk mbak.. biar ntar bisa reservasi tempat heheh

Reply
avatar
30 August 2017 at 14:08 delete

iya Mbak benar.. bangunannya megah..

Reply
avatar
30 August 2017 at 14:10 delete

wah seru nih kalau bisa traveling bareng mbak Eny.. :)

Reply
avatar
muhzen den
AUTHOR
10 September 2017 at 00:04 delete

Wow, Athena memang terkenal dengan bangunan bersejarahnya. Eksotis#

Reply
avatar
Dian Farida
AUTHOR
17 September 2017 at 23:04 delete

mbak, ini wish list ku yang kedua setelah mekkah. mau dong kalo kesni barengan. hiks 4juta sekian itu PP ga?

Reply
avatar
25 September 2017 at 11:25 delete

aamiin... P doang mbak.. semoga segera ada promo lagi.. aamiin...

Reply
avatar

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku