Wisata Bukit Bunda Kabupaten Blitar


Setelah puas main di TamanPecut, saya beralih ke Bukit Bunda. Kali ini saya bersama keponakan dan ibunya. Bertiga naik motor menuju Bukit Bunda ini. Tak ada dari kami yang pernah ke sini sebelumnya. Hanya dengar kalau di Blitar ada tempat wisata baru yang bernama Bukit Bunda. So, kami ke sana dengan bantuan google map. Alhamdulilah nggak nyasar. Tempatnya mudah dijangkau. Searah dengan CandiSimping (sekitar 6km) dan Kampung Coklat (sekitar 7km).
Jadi kalau ke sini, bisa sekali jalan tiga tempat terlampaui. Kalau mau lanjut ada pantai Tambak Rejo juga (sekitar 25 km).
Oke, cerita tentang Bukit Bunda, tiket di sini hanya 5.000 perak. Kami datang bertiga ditarik 10.000, keponakan saya Bella yang kelas 2 SD tidak perlu bayar. Saya godain Bella, “anak kecil tidak boleh masuk, tuh nggak boleh beli tiket,”
“Aku bawa uang Mbak, aku bayar tiket sendiri ya?” tanyanya polos.
“Sudah Mbak bayarin, tapi tidak boleh,” goda saya lagi. Wajahnya cemberut. Saya diemin beberapa menit. Kemudian saya tuntun dan masuk.
“Boleh, boleh.. Bella gratis nggak bayar,” wajahnya langsung tersenyum.
Hahah.. anak-anak. Jadi kangen murid-murid yang biasa saya usilin juga. Ups…
Oiya mengapa saya pilih Bukit Bunda? Karena destinasi pas banget buat saya yang suka alam dan buat yang bawa anak-anak. Di sini tidak hanya tersedia bukit kapur yang terjal, tapi juga kolam renang. Semua satu paket. Memang TREK keren nih… Taman Rekreasi dan Edukasi Keluarga ^_^. So, buat teman-teman yang ingin paket wisata lengkap bisa ke sini.
Setelah membayar tiket, kami masuk ke dalam. Tempatnya luaaas… saking luasnya Mbak Khoir, ibunya Bella tidak mau lanjut karena capek. Akhirnya saya sama Bella keliling bukit. Awalnya ia takut, tapi saya tuntun dan tunjukan pijakan yang aman.
Karena cuma berdua dan saya perlu ambil gambar, maka saya minta tolong Bella. Caranya, pertama dia saya jadikan model. Cari background dan posisi yang tepat. Setelah fotonya jadi, ganti saya berada di posisinya. Beberapa kami mengulang foto-foto. Sekalian dia belajar pake DSLR.
Keponakan saya senang sekali bisa naik turun bukit. Katanya biasanya dia main paling ke renang dan taman kanak-kanak.
“Kalau main sama Mbak, Bella mbak ajak ke tempat ginian. Langsung alam,” dia senyum-senyum dengarnya.
Bukit Bunda menawarkan banyak spot menarik, dijamin nggak bakal nyesel kalau ke sini. Spot-spot kece itu diantaranya adalah
1.      Kuliner di spot angkringan atau juga dikenal dengan nama Angkringan Bukit Bunda (ABB). Di sini kita bisa menikmati kuliner khas angkringan dengan harga terjangkau plus melihat pemandangan alam dan perbukitan dari atas ketinggian. Angkringan ini didesain dengan konsep cafe dengan interor yang unik dan Instagramable

2.      Payung Cinta
Payung cinta yang memayungi angkringan ini bisa jadi spot menarik buat foto-foto. Perut puas dengan makanan yang lezat, serta mata puas dengan pemandangan yang kece abis. Tempat ini asyik banget buat foto-foto.

3.      Sign Board ‘Bukit Bunda’
Di punggung bukit kapur ini ada tulisan ‘Bukit Bunda’. kita bisa berfoto selfie di depannya.

4.      Panggung Cinta
Spot yang satu ini juga unik. Desain meja dan panggung yang berbentuk hati (love) plus background Bukit Bunda di belakangnya.

5.      Gardu Pandang Puncak Bukit Bunda
Di lokasi ini, kita bisa melihat pemandangan alam di sekitar dari ketinggian atas bukit. Bella tidak berani naik. Sebenarnya saya takut ketinggian. Tapi saya pingin banget naik. Saya coba melawan rasa takut. Alhamdulillah berhasil.


6.      Menara Bambu
Letak menara bambu bersebelahan dengan gardu pandang. Menara Bambu ini memiliki tiga tingkat. Mupeng bisa ke atas. Tapi untuk tiga lantai, saya nyerah. Saya pun tidak munggin meninggalkan Bella yang masih kecil di bawah sendiri. Akhirnya kami cuma foto-foto di tangga menara.

7.      Sarang Burung
Spot ini kece banget. Sebenarnya saya pingin naik, cuman saat itu tidak ada yang pegangin dan tangganya goyang-goyang, saya urungkan niat naik ke kumpulan jerami itu. Sayang sekali sebenarnya, tapi tangan saya sudah keringetan lihat jurang di bawah sarang burung. Untuk mengobati kekecewaan, kami foto-foto di kursi sebelah sarang burung.



8.      Spot petunjuk arah
Spot ini mantap banget buat ambil gambar. Letaknya di desain tepat di atas bukit. Jadi kalau narsis, background kita bertuliskan Bukit Bunda.


9.      Motor trail and mobil komodo. Bagi pencinta off road, bukit ini lumayan terjal, biar nggak capek teman-teman bisa sewa untuk mengelilingi Bukit Bunda sampai puas.

10.  Kolam renang
Kolam renang terletak dekat dengan angkringan dan paying cinta. Seru banget kalau bisa sekalian renang. Sayangnya waktu kami ke Bukit Bunda terbatas. Jam 11 saudara mau belik ke daerah asal. Jadi kami harus datang sebelum mereka pamit.

11.  Flying fox
Letaknya dekat dengan panggung cinta. Tingginya lumayan. Karena saya takut tinggi saya tepis jauh-jauh keinginan untuk mencoba. Alhasil, saya cuma pasang wajah mupeng liat orang yang berani flying fox.. kapan saya bisa melawan rasa takut ketinggian ini ya?

12.      Musholla
Biasanya di tempat wisata, mall, dan tempat hiburan, musholla terletak di bagian belakang, basement, atau tempta parkir. Di sini beda! Musholla ada di bagian depan dekat dengan took souvenir.

13.      Kamar mandi
Waktu ke sana saya tidak ke kamar mandi, tapi dilihat sekilas kamar mandi bersih. Letak dekat dengan musholla

14.      Toko Soevenir
Ini dia yang dicari penyuka pernak-pernik souvenir. Di Bukit Bunda menyediakan berbagai souvenir menarik dengan harga bersahabat. Tak hanya gantungan kunci dan kaos, tapi juga ada topeng, hiasan dinding, gelang, dan lain-lain.



Banyak bukan? Ini masih 25% lo! Belon 100%. Waktu ke sana, saya coba bertanya tentang proses pembangunan Bukit Bunda. Kata bapak di sana, Bukit Bunda ini baru delapan bulan dibuka. Sekitar November 2016. Jika diamati dari desainnya, pasti ada tim kreatif yang cerdas. Mengapa saya katakana demikian? Karena letak tulisan “Bukit Bunda” di bukit kapur itu strategis banget. Tuh tulisan bisa terlihat saat kita di spot “love”, “panggung cinta”, “flying fox”, gardu pandang, sarang burung, dan spot lainnya. Sudutnya penuh pertimbangan akan keindahan dan ketepatan letak. Saluuut!!!
Dan siapakah di balik semua ini, beliau adalah Bapak Miftahul Ahsan yang notabenenya adalah seorang pilot. Keren ya idenya. Bermanfaat sekali buat masyarakat. Kita dapat TREK murah meriah yang memberikan banyak inspirasi.
Ke Blitar bingung kemana? Ke Bukit Bunda saja ^_^
Letak Bukit Bintang
Objek wisata Bukit Bunda ini terletak di Desa Dawuhan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar.
Jam buka wisata Bukit Bunda
a.        Sabtu - Rabu buka jam 8 pagi - 12 malam
  1. Kamis buka jam 8 pagi - 5 sore
  2. Jumat buka jam 2 siang - 12 malam








Previous
Next Post »

8 comments

Write comments
Lina Astuti
AUTHOR
13 July 2017 at 13:51 delete

Cerita halan-halannya gak habis2 nih, mba. Mupeeeeng 😍

Reply
avatar
13 July 2017 at 13:56 delete

kok kayaknya sepi ya, gak ada yng berlalu lalang :)

Reply
avatar
13 July 2017 at 20:04 delete

Kepagian.. hehehe.. sekitar jam 8 .. pas mau pulang dah mulai ramai.. sengaja pagi.. biar puas foto2 hahah

Reply
avatar
13 July 2017 at 20:05 delete

Nyicil tulisan Mb... Jalan2 ya ini pas g skul heheh

Reply
avatar
Septia
AUTHOR
16 July 2017 at 17:58 delete

Instagramable banget ya Mba spot2 fotonya. Kalo dekat mah aku kunjungi ��

Reply
avatar
Ria AS
AUTHOR
16 July 2017 at 19:43 delete

Aku baru tahu iniii...kalo ke blitar lagi mampir ke sini ahhh

Reply
avatar
18 July 2017 at 08:19 delete

iya mbak.. setiap tempatnya asyik buat foto-foto heheh

Reply
avatar
18 July 2017 at 08:20 delete

iya mbak.. baru 25% pembangunan...

Reply
avatar

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku