Taman Pecut Blitar: Destinasi Pilihan untuk Liburan Keluarga

Taman Pecut Blitar: Destinasi Pilihan untuk Liburan Keluarga

Melihat Blitar mulai berbenah, saya tersenyum lebar. Bagaimana tidak, sejak kecil Blitar adalah tempat liburan saya, di sini adalah rumah mbah. Jadi otomatis keluarga mudiknya di sini. Tiap tahun, jalan-jalannya kalau tidak alun-alun, makam Bung Karno, Candi Penataran, ya pertokoan yang berbaris rapi sepanjang pusat kota. Mulai dari saya belum sekolah sampai saya kerja. Tak ada pilihan lain. Keluarga saya tidak pernah mau diajak jalan jauh. hehhe
Lha melihat Gunung Kelud makin Cantik, Kampung Coklat yang menarik, Bukit Teletubbies yang menawan, dan sekarang ada banyak taman yang dibangun membuat saya senaaaang Alhamdulillah destinasi liburan bertambah.
Salah satunya Taman Pecut yang terletak tepat di sebelah alun-alun Kota Blitar. Dari gerbang alun-alun tinggal nyebrang doang. Sekitar 5 menit jalan kaki dari rumah Mbah.
Taman Pecut baru diresmikan tanggal 22 Juni 2017 Wali Kota Blitar, M. Samanhudi Anwar. Belum ada sebulan euy. Taman ini memiliki konsep air mancur menari lengkap dengan efek cahaya dan suara di malam hari dan saat-saat tertentu, air mancur statis, monumen tangan pecut, alur pejalan kaki pada taman, gazebo, tempat duduk pengunjung, toilet dan taman.
Taman Pecut Blitar: Destinasi Pilihan untuk Liburan Keluarga


Taman Pecut Blitar: Destinasi Pilihan untuk Liburan Keluarga

Dibangunnya Taman Pecut yang berada di pusat Kota Blitar bertujuan untuk meningkatkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang akan menjadi ikon Kota Blitar. Blitar itu hijau.. hijau banget. Masih baru ada satu mall di sini. Inipun masih proses pembangunan. Namun hijaunya itu perlu ditata. Alhamdulillah lebaran kali ini saya menemukan banyak taman yang baru dibangun. Next, di tulisan saya berikutnya.
Kembali ke Taman Pecut, taman ini memberikan makna sebagai pemecut masyarakat Kota Blitar dan membuat semangat warga masyarakat Kota Blitar untuk lebih giat bekerja keras lagi. Yuk masyarakat Blitar.. semangat kerja…^_^
Mengapa cemeti atau pecut? Pengambilan ikon cemeti karena alat ini merupakan senjata jaman dulu yang bisa mempersatukan masyarakat. Menurut legenda, Cemeti Samandiman dulu diyakini sebagai senjata yang mampu mengayomi masyarakat Kota Blitar dari letusan Gunung Kelud. Selain itu keberadaan cemeti juga dianggap salah satu pusaka tolak balak.
Saya kesana bareng keponakan. Sebenarnya pingin rame-rama, namun karena sekarang saudara-saudara sudah banyak yang berkeluarga jadi ngumpul bareng sulit banget. Siapa yang ada di rumah Mbah, itu yang saya ajak.
Pagi itu rumah Mbah masih sepi, belum banyak yang datang. Yang di depan mata si Bella keponakan saya yang naik kelas 2 SD. Saya ajaklah dia jalan-jalan.
Pertama kami muter-muter alun-alun kemudian ke Taman Pecut, lanjut ke pasar buat beli Pleret. Saya punya langganan Pleret di pasar, yang jual sepasang mbah mbah… Pleretnya manis gula asli. Namun sayang belum rejeki, Mbah penjual pleret tidakjualan. Saya tanya ke penjual lain. Ternyata mbah yang biasanya di bawah gapura pasar lama tidak jualan. Semoga si mbah selalu sehat aamiin.
Karena pleret tidak ditemukan di pasar, beralihah kami ke alun-alun (lagi). Kami mencari bakso dan pleret di sana. Alhamdulillah dapat. Di alun-alun ada bakso enak dan halal,namanya bakso rejeki. Teman-teman bisa mampir ke sana. Bakso ini sebelahan dengan penjual siomay dan es pleret. Kalau es pleret, saya lebih suka yang di depan penjara. Masih alun-alun juga. Gula merahnya lebih terasa. Heheh..
Mau tahu suasana pagi dan malam di taman ini? bisa klik di sini… video siang diambil lewat HP Lenovo A6000 sedang yang malam pakai Nikon D3300.

Taman Pecut Blitar: Destinasi Pilihan untuk Liburan Keluarga



Taman Pecut Blitar: Destinasi Pilihan untuk Liburan Keluarga


Taman Pecut Blitar: Destinasi Pilihan untuk Liburan Keluarga

Taman Pecut Blitar: Destinasi Pilihan untuk Liburan Keluarga





About Fauziah Rachmawati

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

24 komentar :

  1. view saat malam ternyata bagus juga ya. kalau siang panas ndak mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan Mb.. tapi panasnya Blitar tak sepanas surabaya kok..

      Hapus
  2. Wah..Blitar makin cantik nih, kayaknya menarik untuk diampiri :)

    BalasHapus
  3. Blitar tampaknya makin rajin berbenah pariwisatanya ya
    Aku liat pecutnya kok agak2 ngeri gitu, bayangin sakitnya dipecut hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk.. bayangin reog ayo jaranan saja Mb..

      Hapus
  4. Aku yg asli Blitar, jarang main ke kotanya ya krn gak ada tmpt wisata yg menarik hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang mulai ada banyak Mb.. terutama taman.. cuman msh sepi..

      Hapus
  5. Foto nomor dua yang mirip deretan gerbang merah itu bagus. Kalau foto2 cantik dari angle tertentu, pasti dapat foto kece.

    Lucu nama tamannya, pecut hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Msh belajar foto2 Mb.. hehe.. bljr dari blog Mb juga.. keren travellingnya.

      Hapus
  6. Mbak Zee jalan-jalan terus neh, hehehe

    BalasHapus
  7. Wah makin keren nih Blitar. Blitar termasuk salah satu tempat yang punya banyak kenangan buatku mbak ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeeaaa.. kenangan apa Mbak Dian?
      #kepo 😂

      Hapus
  8. Foto yang malam hari bagus mba..jadi penasaran

    BalasHapus
  9. Kemarin liburan lebaran ke rumah saudara di blitar tapi belum sempat mampir ke taman pecut depan alun2. next time aku kesana aahhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak.. bisa diagendakan hehehe.. letaknya di pusat Kota Blitar

      Hapus
  10. sayang belum bisa main kesini akibat kerja diluar daerah, ikut senang dengan perkembangan kota blitar dan kab. Blitar ...
    tapi kabarnya ini sudah banyak sisi yang bocor kolamnya, akibat banyak ketidak sesuaian pada proses pembangunannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. woooot? serius ada yang bocor? saat saya ke sana baik-baik saja...

      Hapus
  11. kapan2 mau ke sini ama anakku aahhh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak.. seru.. asyik malam hari kesininya..

      Hapus
  12. Cateeet, kalo suatu saat main ke blitar bisa jd tempat alternatif buat selfie nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap pas banget buat yang suka selfie..:)

      Hapus

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)