Serunya Naik Balon Udara di Bukit Teletubbies Blitar Jawa Timur


 Singkatnya kebersamaan kami di Kampung Inggris Pare, membuat kami tak pernah menyia-nyiakan akhir pekan untuk jalan bareng. Jalan-jalan adalah cara ampuh untuk menghilangkan penat karena rutinitas kelas Senin-Jumat mulai 05.30 sampat 17.00. Tak hanya itu, jalan-jalan juga untuk menikmati keindahan bumi Allah yang lain. Semakin bersyukur tinggal di Indonesia yang memiliki pemandangan luar biasa. Pilihan jalan-jalan kali ini di BukitTeletubbies Kota Blitar.
Bukit Teletbbies sekarang tidak hanya bisa dinikmat di Bromo saja, di Blitar ada Bukit Teletubbies juga, lengkap dengan balon udaranya. Setelah beredarnya film teletubbies beberapa tahun lalu, bukit-bukit di Indonesia yang mirip dengan Bukit Teletubbes diberi nama Bukit Teletubbies juga. Lucu ya.. bisa nambah nama obyek wisata heheh.
Bukit Teletubbies yang di Blitar awalnya adalah Tower Sumberasri yang terletak di dusun Kampunganyar, Desa Sumberasri, Kec. Nglegok Kab. Blitar. Tower ini sebenarnya merupakan pos pantau yang digunakan untuk memantau keadaan gunung kelud. Di tempat ini cocok untuk mencari sunrise maupun sunset.


Selain disuguhi pemandangan alam Gunung Kelud, di wisata Bukit Teletubbies sudah didukung sejumlah fasilitas diantaranya toilet, balon udara, dan hamox. Tak hanya itu, disini juga banyak pedagang yang berjualan makanan dan minuman. Ingat, buang sampahnya di tempat sampah ya... ^_^
Rute menuju Bukit Teletubbies sekitar 30 kilometer dari pusat kota. Salah satu jalurnya bisa melalui makam Bung Karno, lurus ke utara. Setelah sampai di Pasar Penataran belok ke utara hingga menemukan sebuah perkebunan belok ke timur lalu lurus mengikuti jalur tersebut sampai menemukan lokasi tersebut. Apabila ada kesulitan bisa bertanya pada warga sekitar. Saat itu saya bersama teman yang asli Blitar, jadi dia penunjuk jalan. Oiya, rute Bukit Teletubbies juga bisa dtemukan di google map. Jadi tak perlu kuatir nyasar.
Tidak ada angkutan umum yang kesini. Kalau ke sini sebaiknya pakai motor. Alhamdulillah saat itu kami kehabisan mobil. Awalnya kecewa karena tak dapat sewaan mobil, tapi setelah lihat medannya, kami bersyukur sekali. Memang rencana Allah lebih baik dari prasangka kami. Coba pakai mobil, jalannya lama euy, mobil tidak bisa sampai ke lokasi dan harus jalan cukup jauh dan menanjak. Naik motor pun harus hati-hati dengan tekstur tanahnya. Kalau hujan, mendingan tidak datang karena jalan tanahnya cukup sulit dilewati ketika hujan.
Ehm.. buat pengunjung yang mengendarai mobil, bisa memarkir mobil di parkiran bawah dan berjalan sekitar 500 meter. Kalau capek, bisa naik ojek yang siap di lokasi itu. Ongkos ojek masih terjangkau sekitar Rp5.000 sekali angkut.  
Masuknya gratis alias tak pake tiket masuk untuk menikmati keindahan tempat ini, cuma biaya parkir doang.
Kawasan Wisata Tower Sumber Asri dengan pemandangan khas teletubbies ini banyak berbenah. Beberapa waktu lalu saya mengunjungi tempat, balon udaranya polos. Lain hari, saat teman saya main ke sini balon udaranya sudah berwarna. Lain hari lagi, ada teletubbiesnya.
Banyaknya inovasi fasilitas yang ditawarkan, Bukit teletubbies di Blitar ini semakin ramai dikunjungi wisatawan, terutama di akhir pekan. Ya biar nggak bosen, hidup memang butuh inovasi.
Salah satu yang perlu diingat, pemandangan perbukitan hijau di Bukit Teletubbies ini tidak bisa dinikmati setiap saat, karena yang membuat pemandangan menjadi tampak hijau adalah perkebunan tebu yang ada di perbukitan. Selain itu cuaca, ketika kami ke sana langit mendung dan kesorean, sedang antrian yang naik balon udara panjang. So, pas naik balon kami kebagian mendung heheh. Namun tak mengurangi keindahan lokasi ini secara keseluruhan karena apalah arti mendung, dibandingkan dengan kebersamaan kami, ribuan bukit kembang, dan bukit hijau #eeaa.
So, buat teman-teman yang bingung liburan mau kemana, bisa menikmati keindahan alam di Bukit Teletubbies Blitar selain ke Kampung Coklat, Gunung Kelud, Candi Penataran, Makam Bung Karno, dan Candi Simping. 







Previous
Next Post »

8 comments

Write comments
Keluarga Biru
AUTHOR
30 December 2016 at 10:51 delete

Naik balonnya antri banyak yaa? Udah sering liat di IG wisata Blitar tapi belum sempat ke sini. Makasih udah dishare Mbak.

Reply
avatar
30 December 2016 at 11:51 delete

iya mbak.. kalau hari libur antrinya lumayan :)

Reply
avatar
Arni
AUTHOR
30 December 2016 at 20:33 delete

Wah udah lama nih aku penasaran naik balon udara, kayaknya seru banget
Semoga kesampaiaj suatu hari nanti

Reply
avatar
31 December 2016 at 02:48 delete

Aamiin.. semoga segera Mbak Arni :)

Reply
avatar
31 December 2016 at 05:45 delete

Aku baru denger ada bukit teletubies ini. Baru mau nanya kenapa dinamakan bukit teletubies, ternyata karna pemandangannya kayak bukit diteletubies ya. Ada2 aja ide penamaannya yang bikin orang penasaran

Reply
avatar
1 January 2017 at 07:21 delete

Hehe iya mb.. entah ini kreatif ntah memanfaatkan keadaan..Wkwkwk.. pasti akan ada bukit Teletubbies lainnya nanti..

Reply
avatar
Wiji Sutiawan
AUTHOR
2 July 2017 at 16:07 delete

Kalo mau naik balon udaranya gratis mba??

Reply
avatar
2 July 2017 at 21:23 delete

bayar buat fotonya kalau nggak salah Mbak.. Ya Allah mengapa saya benar-benar lupa... maafkeun

Reply
avatar

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku