Lezatnya Sajian Kuliner Khas India di Sitara Indian Cuisine

Lezatnya Sajian Kuliner Khas India di Sitara Indian Suicine

Salah dua penyeimbang biar nggak pusing mengerjakan tesis adalah travelling dan kuliner. Kali ini saya coba pergi kuliner dengan menu khas India. Pilihan tertuju pada Sitara Indian Cuisine yang terletak di Jl. Hayam wuruk No. 16 Sawunggaling Wonokromo Surabaya. Sitara berada satu lokasi dengan golf, view driving range, dan tempat cuci mobil. Oiya Sitara dalam bahasa sansekerta berarti “the morning star”.

Menurut beberapa sumber masakan di sini dimasak oleh koki yang asli orang india. Ini terbukti dengan rasa masakan yang kaya akan rempah dan ada banyak rasa yang ditawarkan, plus suasana seperti berada di India. Buku menúny tebal berisi kurang lebih 20 halaman berisi nama menú yang asing bagi saya, kecuali beberapa makanan seperti sambosa, nasi biruni, dan berbagai jus. Menu makanannya lengkap dari hidangan pembuka sampai penutup. Dari kari sampai sup. Dari hidangan non vegetarian sampai khusus vegetarian. jadi bingung mau pesan apa.


Kebiasaan saya kalau datang di rumah makan, saya selalu menanyakan menu andalan. Pelayan dengan fasih menjelaskan menu buat vegetarian dan non vegetarian. Karena saya non vegetarian, Mbaknya merekomendasikan menu ayam dan kambing.

Hidangan pertama yang datang adalah 1 set cawan, yang berisi  4 macam sambal. Ada sambal yang warnanya hijau, rasanya sangat berempah dan cenderung asin. Sambal kedua yang warnanya kecoklatan berasa manis dan sangat kuat rempah-rempahnya. Sambal yang ketiga sambal oranye seperti biasanya. Saya pikir pedasnya hot banget, pas nyoba ternyata tidak begitu pedas, Cawan terakhir berisi bawah merah bulat ukuran tanggung. Saya tidak mencoba  makan hidangan dengan bawang. Entahlah, lidah saya menolak heheh.


Beberapa saat kemudian, menu utama datang. Alhamdulillah pilihan menu pelayan pas ma lidah saya. Kolaborasi kari, garlic, dan yoghurt.

Cara makannya gimana? Di piring ada sendok, garpu, dan pisau. Saya memilih makan seperti di film India yang saya tonton. Pake tangan meski sesekali pakai garpu dan pisau. Hahaha

Kari di sini huuumm.. Enak! Kami memilih Chicken Tikka Masala dan Butter Chicken.
Chicken Tikka Masala nyaman banget di lidah dan di perut. Paduan bumbunya hampir sama dengan sambosa yang biasa saya beli di Kampung Arab. Bumbu merasuk sampai daging ayam. Empuk dan lezat.


Butter Chicken, kata Mbak Nisa rasanya seperti nano-nano. Ya saya sendiri sulit mendeskripsikannya. Rasanya lembut dan lumer di mulut.


Biasanya kari dimakan dengan nasi, tapi siang itu kami memilih makan kari dengan garlic nan. Garlic di sini asin, gurih, dan sedikit liat. Pas banget dipadu dengan kuah kari yang kaya rempah.


Untuk minuman, saya dipilihin strawbery lassy yang menjadi salah satu andalan resto ini. paduan strawberry dan yogurt yang kental membuat adem tenggorokan.


Tak hanya makanan yang bikin betah, tapi suasananya juga. Desain restaurant khas india, menarik sekali, ditambah alunan musik India yang merdu. Saya dan Mbak Nisa mengambil tempat tepat di sebelah jendela menghadap lapangan golf. Ada meja ukuran jumbo untuk kurang lebih 10 orang, meja ukuran biasa seperti yang kami tempati untuk 4 orang dan ada juga meja untuk para pasangan. Suasananya redup temaram. Jika ingin suasana yang lebih nyaman ada juga bilik khusus dengan sofá lebar besar berkarpet.
pemandangan dari tempat duduk kami

Ketika saya datang, di belakang saya ada beberapa bapak bule yang ngobrol dengan bahasa Inggris, sedang di sebelah saya ada sepasang suami istri dari Cina yang memakai bahasa Cina. Dan saya? Seperti biasa saya memaka bahasa Indonesia hahaha.

Kesimpulan makan di Restoran Sitara ini tempatnya asyik, bikin betah, bahkan toiletnya juga nyaman. Rasa terasa gurih dan yummi sangat autentik Indianya. Patut dicoba! Berita baiknya lagi, dengan pergi kuliner, otak lebih cepet kerja dibanding pas keadaan lapar ^_^


Sitara Indian Restaurant
Address: Jl. Hayam wuruk No. 16 Sawunggaling Wonokromo
 Surabaya, Jawa Timur, 60242, Indonesia (satu lokasi dengan lapangan golf Brawijaya)
Phone:+62 31 5616218
Hari ini buka • 10.00–23.00

Aneka Menu dan Harga di Sitara Indian Cuisine





Suasana di Sitara Indian Cuisine





Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
16 December 2016 at 23:44 delete

Lo mbak aku baru tau ada restoran ini...kapan2 mau nyoba ah...

Reply
avatar
29 December 2016 at 16:47 delete

iya Mbak Vetty.. perlu dicoba.. berasa banget lezatnya

Reply
avatar

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku