Seminar Pendidikan dan Workshop Karya Tulis Ilmiah “Antara Profesionalisme dan Pengembangan Diri” (#2)



Selasa, 1 November masih di tempat yang sama Aula PGRI Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu Seminar Pendidikan dan Workshop  Karya Tulis Ilmiah “Antara Profesionalisme dan Pengembangan Diri” diselenggarakan.
Setelah hari pertama ditemani materi Karya Tulis Ilmiah dan Jurnal, di hari kedua adalah bentuk dari karya tulis itu sendiri. Bagaimana seorang guru mengaplikasikan karya tulis yang tak harus KTI dan PTK dalam kehidupan sehari-hari.
Ana Rohdiana
Pembicara pertama, Ana Rohdiana, S.Pd membahas Communicative Games to Young Learners in Elementar School to Support PAIKEM, aneka games yang bisa membuat siswa kreatif dan tidak bosan dalam pelajaran. Dalam paparannya Ana menyampaikan syarat games dan kriteria games yang dapat mendukung pelajaran. Tak hanya itu, Anna juga memberikan contoh games yang bisa dibuat oleh guru dan diterapkan ke peserta didik.
Fauziah Rachmawati

Pembicara kedua, Fauziah Rachmawati, S.Pd menceritakan cara menciptakan iklim literasi yang positif di sekolah melalui lingkungan fisik ramah literasi, lingkungan sosial dan efektif, serta Lingkungan Akademik. Selain itu Fauziah juga menyampaikan berbagai usahanya dalam menggerakan literasi di Sekolah Dasar. Mulai dari program Drop Everything And Read (DEAR) sampai pada program menulis dan mengirimkan karya ke majalah dan penerbit.
Banyaknya curhat tentang sulitnya mendapatkan buku, Fauziah menjelaskan cara menjadi anggota Perpustakaan Nasional RI dan cara mengunduh jurnal, artikel, karya tulis, dan buku melalui internet. Tak hanya teori tetapi juga praktik langsung melalui laptop dan handphone peserta. Sebelum berpisah, tak lupa ada pembagian buku doorprize karya pemateri kepada ratusan peserta workshop.
membantu peserta registrasi PNRI
Hari ketiga, peserta praktik penulisan karya tulis ditemani tim UPTD dan mengirimkan karya kepada panitia untuk evaluasi. Tanya jawab selanjutnya bisa melalui email panitia.

Terimakasih kepada Bapak Kepala Dinas, Bapak Camat, Bapak Kelapa UPTD, serta ibu bapak guru kecamatan Kandanghaur yang telah memberi kesempatan mahasiswa Mahasiswa Pasca Sarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Surabaya (UNESA) untuk mengadakan workshop.  Semoga di lain waktu bisa bertemu lagi dalam kebaikan dan atmosfer pendidikan yang lebih cerah.

penerima tamu dan pubdekdok

registrasi peserta

peserta hari kedua workshop

moderator
duo MC
antusiasme peserta

Praktik mendongeng oleh salah satu peserta (mendongeng: salah satu bentuk GLS)

penerima doorprize

penerima doorprize

LPJ oleh Ketupel

penutupan

serah terima kenang-kenangan buku

the power of yellow :)

Previous
Next Post »

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku