Cara Mudah Disayang Murid ala Henny AlHakim (Kepala TKIT Islam Terpadu Cendekia Lamongan dan Kaderisasi FLP Jatim)


Bu Henny, kepala  TK Islam Terpadu Cendekia Lamongan yang ramah.

Saya mengenal beliau sekitar tahun 2015 di FLP Jawa Timur (Jatim). Selain Kepala TK beliau juga kepala alias ketua FLP Lamongan. Sudah tidak diragukan lagi kepemimpinannya bukan?

Setelah pergantian pengurus di Lamongan Bu Henny ditarik di FLP Jawa Timur sebagai bagian divisi kaderisasi

Pertemuan berlanjut saat rapat kerja FLP Jatim dengan Lamongan sebagai tuan rumah. alhamdulilah saat itu kami bisa silahturahim ke rumah beliau sekalian. Bu Heni keibuan sekali, saya banyak belajar bagaimana komunikasi beliau dengan si kecil.

Lha karena arisan blog pertama adalah beliau, maka saya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.
Pertanyaan pertama saya adalah tentang tips bagaimana cara mudah disayang murid.

Berikut cara mudah disayang murid ala Bu Heni

1. Sebagai guru hendaknya  mencontohkan menyayangi murid lebih dulu. Berdasar hadist Nabi "Barangsiapa yang tidak menyayangi maka tidak akan disayang"
Wah bener banget ini. Kalau kita udah sayang ma murid, aura itu pasti nampak dan dapat diterima murid. Kasih sayang dari hati, akan sampai ke hati juga #eeaa

2. Sayang ke murid tidak bersyarat 
Terkadang ada bberapa guru yang sayang dengan murid tertentu. Murid yang pintar, berbakat, dan penurut. Padahal tanggung jawab guru adalah mencintai semua murid tanpa syarat yang berarti ada sebuah ketulusan dan keikhlasan guru dalam menyayangi dan membimbing murid.

3. Rebut hati mereka dengan hal-hal positif dan menarik yang membuatnya jatuh hati pada guru. 

Siap-siap mencoba tiga tips di atas ^_^

Pertanyaan berikutnya tentang kekompakan guru. Sebagai kepala sekolah pastinya butuh perjuangan menghadapi guru dengan berbagai karakter yang berbeda. Lha bagaimana tips membuat tim guru kompak.
"Menurut saya  tidak ada cara lain selain pedekate ke mereka satu persatu lebih dulu. Menciptakan suasana kebersamaan dan  kekeluargaan di lingkungan kerja. Melakukan pembinaan terkait dengan soliditas serta briefing di setiap agenda penting.

Then, dengan rutinitas dunia kerja yang seperti itu itu saja pasti mengalami yang namanya jenuh. Bu Heni sharing trik bagaimana mengatasi rasa jenuh "Memang tidak bisa dipungkiri hal tersebut terjadi, jadi memang butuh rehat. Beralih ke aktivitas lain yang membuat fresh lagi. Kalau kejenuhan sehari-hari bisa di atasi dengan menikmati wudhu dan shalat fardhu, berjalan sejenak menikmati area di luar ruangan, atau menikmati bekal kesukaan. Ehm.. orang lain mgkin bs berbeda. ini berdasar pengalaman saya," ujar beliau.
Aseeek...  dengan menikmati wudhu dan shalat fardhu bisa mengurangi rasa jenuh lo...

Tentang rasa jenuh ini. beliau melanjutkan, "kalau kejenuhan yang sifatnya karena rutinitas sehari-hari maka perlu aktivitas refresing terencana. Misalnya ke tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, meski sekedar silaturahim ke orang tua dan kerabat kalau itu membuat bahagia bisa menjadi penghilang kejenuhan."
.
Bagaimana para guru dan calon guru? Siap menyayang murid tanpa syarat? ^_^

 Oiya, buat teman-teman yang penasaran dengan Kepala TK dan kaderisasi FLP Jatim yang ketje ini, bisa klik FB beliau Henny AlHakim 

Bu Heni yang paling kanan

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Hiday Nur
AUTHOR
4 November 2016 at 08:14 delete

Oh My... Baru paham kalo ini mbak Heninya flp lamongan :)

Reply
avatar
5 November 2016 at 13:06 delete

eeaaa.. sesama Jatim Mbak Nur hehehe

Reply
avatar

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku