5 Manfaat Membuat Domain Sendiri/Berbayar

5 Manfaat Membuat Domain Sendiri/Berbayar


Penting bagi blogger untuk memiliki domain. Langkah awal untuk membuat sebuah domain adalah kita harus mengerti apa itu domain dan pentingnya nama domain? Domain dapat diibaratkan sebagai alamat suatu tempat yang unik dan hanya ada 1 di dunia. Fungsinya  untuk mempermudah kita untuk menuju ke tempat tersebut. Maksudnya adalah domain mempermudah kita untuk menuju ke website yang kita inginkan. Contoh dari domain adalah www.facebook.com, www.twitter.com, www.duniazie.com dan berbagai macam domain yang lain.

Terus apa beda domain dan hosting? Jika domain adalah alamat, maa hosting adalah rumah itu sendiri. Hosting ada yang berbayar ada yang gratis. Contoh hosting gratis adalah wordpress.com dan blogspot.com.

So, teman-teman bisa membuat blog di rumah gratis seperti wordpress atau blogspot. Setelah itu membeli domain .com, .net, .id, atau yang lain.
Ada beberapa syarat sederhana untuk memilih domain:

1. Nama domain haruslah pendek, menarik perhatian, dan mudah diingat
2. Nama domain harus mudah diingat
3. mudah dibaca

Trus, apa sih manfaat memiliki domain?

1. Profesional. Memiliki domain sendiri dapat memberikan kesan profesional serta dapat menjadi sesuatu yang unik pada diri kita. Selain itu klien lebih suka memberikan job pada blogger yang sudah memiliki domain berbayar.

2. Branding. Nama domain adalah branding karenanya harus diamankan dan didaftarkan segera. Sama halnya dengan merk. Dengan memiliki domain sendiri, berari nama itu adalah brand diri kita. Ada beragam brand/nama menarik yang disenangi banyak orang. Dengan cepatnya kita membeli domain, berarti hak nama itu ada pada kita.

3. Lebih berpeluang di bidang SEO
Domain website yang dibuat berdasarkan keyword akan membantu ranking halaman tersebut di mesin pencari.

4. Mendapatkan alexa rank dan page rank yang bagus.
Mendapat alexa rank dan Page Rank yang bagus akan menjadi salah satu indikator bahwa blog kita sangat berkualitas. Alexa yang bagus itu yang ramping. Apa efeknya? Tentu saja jika blog kita bersifat komersial akan lebih banyak lagi orang yang ingin memasang iklan di blog dan memberikan beberapa job ke kita.

5. Mendapatkan posisi bagus di halaman search engine.
Semakin bagus blog kita, maka akan semakin besar kemungkinan untuk dimuat di halaman utama hasil penelusuran mesin pencari. Semakin sering blog kita muncul di halaman tersebut, maka secara otomatis pengunjung blog kita pun akan semakin bertambah banyak.

Yang belum pakai domain sendiri, serius nggak mau beli domain? hehehe .
Tertarik membuat domain sendiri? Ada banyak tawaran domain dengan harga miring. Bisa googling, karena tulisan ini tidak mengandung iklan :)





Previous
Next Post »

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku