Cara Mudah Membuat dan Mengajukan Paspor Online

Cara Mudah Membuat dan Mengajukan Paspor Online

Karena ada agenda jalan-jalan yang mengharuskan saya membuat paspor, maka meluncurlah saya ke kantor imigrasi.

Paspor merupakan sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang memiliki wewenang dari suatu negara. Paspor biasanya diperlukan saat kita tiba diperbatasan suatu negara untuk memperlihatkan identitas kita sebagai warga asing bagi negara yang kita kunjungi.

Sebelumya membuat, saya browsing cara membuat paspor. Ternyata ada yang offline dan online. Dengan beberapa pertimbangan saya memilih mengurus secara online.
1.      Buka internet, bisa melalui handphone, komputer, atau laptop.
2.      Untuk mempercepat proses pengisian data, siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan seperti KTP dan KK.
3.       Lakukan submit data via website Ditjen Imigrasi RI secara online imigrasi.go.id klik layanan publik, klik layanan paspor online atau langsung klik link ini ipass imigrasi (https://ipass.imigrasi.go.id:8443/xpasinet/faces/InetMenu.jsp)
4.      Klik Pra Permohonan Personal
5.      Untuk jenis permohonan isi sesuai dengan keperluan pembuatan paspor. Jika pertama kali membuat paspor klik Baru- Paspor biasa
6.      Pilih jenis paspor yang ingin dibuat berdasarkan tujuan kita
Jenis paspor dan kegunaannya adalah:
a.       24H Perorangan, kegunaan Paspor biasa 24 halaman khusus untuk TKI
b.      48H Perorangan, kegunaan paspor biasa 48 halaman untuk WNI
c.       Epassport 48H, kegunaan untuk paspor elektronik 48 halaman untuk WNI
7.      Pilih lokasi kantor imigrasi tempat membuat paspor. Saya memilih Kanim Kelas II Malang yang berlokasi di Jalan Panji Suroso No 4 Malang.
8.      Selanjutnya isikan data diri dan pastikan semua data yang bertanda * sudah terisi dengan benar. Untuk pekerjaan jika pelajar atau mahasiswa pilih Lainnya. Jika sudah klik Lanjut.
9.      Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini:
Cara Mudah Membuat dan Mengajukan Paspor Online




Isikan semua data, klik lanjut, kemudian akan muncul perintah cek email
10.   Setelah itu akan mendapat email dari SPRI yang berisi biaya pembuatan paspor yang harus ditransfer lewat bank dan lampiran file PDF Undangan Pembuatan Paspor

Pembayaran di Bank

Pembayaran di lakukan di Bank BNI, Bank.. bukan ATM lo ya...
Karena kantor BNI yang paling dekat dengan rumah saya adalah di Kepanjen. Saya naik bis ke Kepanjen. Lama tidak singgah di Kepanjen membuat saya lupa tata kotanya. Akibatnya nyasar turun di BNI Syarah dekat Pasar. Hehehe.
BNI Syariah Kepanjen

Ternyata letak kantor BNI ada di depan RS Wafa. Tak menunggu lama, saya mancari angkot untuk ke RS Wafa.
BNI Kepanjen

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat di bank..
1.      Print file PDF nya dan bawa ke bank BNI saat melakukan pembayaran, batas waktu pembayaran adalah 5 hari kerja
2.      Daftar biaya mengurus paspor
3.      Sesudah membayar pastikan di slip dari Bank BNI  terdapat Nomor Jurnal dan jangan sampai hilang karena bukti pembayaran harus diserahkan saat melakukan interview.

Aktivasi pendaftaran

1. Setelah mendapat slip, cek kembali ke email notifikasi dari SPRI, kemudian klik Lanjut atau klik link yang diberikan untuk melakukan aktivasi
Bukti transfer

2. Di halaman aktivasi masukkan No jurnal Bank yang tertera di slip Bank
3. Pilih jadwal dan lokasi kantor imigrasi untuk melakukan foto dan interview.
4. Teman-teman akan mendapat email notifikasi kedua yang berisi lampiran file PDF Tanda Terima Permohonan. Print filenya dan bawa saat melakukan interview

Interview dan Foto di Kantor Imigrasi:

Kantor Imigrasi Kota Malang

1.      Asyiknya mengurus paspor via online adalahkita tidak perlu desak desakan dan rebutan kuota, tinggal datang sesuai jadwal yang sudah dipilih saat jam kerja.
2.      Dokumen yang harus dibawa:
a. Undangan dari file PDF email notifikasi kedua.
b. Bukti pembayaran dari Bank BNI
c. KTP asli dan fotokopi KTP milik pribadi
d. Fotokopi KTP kedua orang tua
e. KK asli dan fotokopi
f. Akta Kelahiran/Ijazah asli dan fotokopi
g. Untuk anak berusia dibawah 17 tahun harus menyertakan surat Nikah kedua orang tua
Catatan: sebaiknya membawa semua dokumen yang dibutuhkan asli dan fotokopi jadi ga perlu repot2 mencari tempat fotokopi di kantor imigrasi. Dan di Malang petugas biasanya meminta dokumen difotokopi dengan ukuran A4.
4.      Jika dokumen sudah lengkap, tinggal menunggu antrian untuk interview dan foto.
blanko yang harus dilengkapi

Sedikit tips agar tidak terlalu lama menunggu: datang lebih pagi. Sampai Kantor Imigrasi sekitar 06.30 ee..ternyata masih tutup. Tapi, meski pagar masih tutup, yaang antri dah lumayan. Sekitar pukul 07.30 pagar dibuka dan kita antri di tempat pendaftaran. Sebelum proses pembuatan, bapak petugas memberikan beberapa “petuah” buat kami semua. Penerimaan berkas ini jam 07.30-10.00.
suasana di Customer Care Kantor Imigrasi Malang

5.      Setelah antri, kita masuk di ruang tunggu. Jangan lupa ambil nomor dulu. Kalau lupa, meski datang puagiii, tidak bakal dipanggil hehehe. Setelah dipanggil, kita berikan berkas dari loket pertama, foto, dan cap jari.
6.      Selesai... pulaaaang...
alhamdulillah saat itu saya menunggu tak sampai satu jam. Ekspress dengan pelayanan ramah dan profesional. Setelah pemberkasan selesai, kita diminta pendapat bagaimana proses pembuatan imigrasi. Saya pilih rating teratas.
Ehm.. seandainya di instansi lain ada tombol penilaian seperti ini. pasti kantor-kantor bakal lebh meningkatkan profesionalitasnya..
grafik penilaian

7.      Paspor bisa diambil tiga hari (jam kerja) di kantor yang sama. Saat itu saya mengurus hari Kamis, Senin sudah jadi.

Apa sih untungnya daftar online dibanding offline? Keuntungan mengurus secara online kita hanya perlu datang dua kali ke kantor Imigrasi, kedatangan pertama proses foto dan wawancara. Dan kedatangan kedua hanya untuk mengambil paspor saja. Sedangkan bila kita mengurus secara manual kita harus datang ke kantor imigrasi sampai dari pagi pagi buta mengambil antrian dan antri lainnya.
Sedikit informasi terkait nama di paspor. Misal nama saya Fauziah Rachmawati, masih dua kata. Ini tak masalah. Saya memakai nama ini memang ini nama saya sebenarya.

Namun untuk pengurusan haji dan umroh, dibutuhkan tiga kata dalam nama kita. Jadi bagaimana? Kita bisa menambahkan nama orang tua di belakang nama kita.

Penambahan nama ini disebut endorse. Free tanpa biaya. Kalau umroh dengan membawa keterangan lunas biaya umroh dari travel, haji dengan membawa bukti lunas biaya haji.

Saat itu tak sengaja saya membawa surat keterangan lunas haji. Alhamdulillah bisa langsung mengurus, tak perlu dua kali ke kantor imigrasi. 
Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
Milda Ini
AUTHOR
4 October 2016 at 14:21 delete

pasportku habis tahun depan, perpanjangan sama aja ya biayanya

Reply
avatar
27 November 2016 at 13:40 delete

Mba aku manual dunk penuh drama bgt hahaha abis yg online knp ga bisa kebuka y. Posisiku di bdg aku mesti brgkt subuh awal kedatangan ditolak krn mesti e-ktp datang kali kedua lolos sampe foto kali ketiga ambil paspor pake ngantri cutiku minus krn ini bahahaha

Reply
avatar
27 November 2016 at 19:37 delete

Wah seru tuh mb.. bisa jadi cerita hehe

Reply
avatar

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku