Dancow Parenting Center: Dukung Eksplorasi Si Kecil dengan Perlindungan yang Optimal

Dancow Parenting Center: Dukung Eksplorasi Si Kecil dengan Perlindungan yang Optimal


Semacam reuni dan mengenang masa lalu saat saya mendapat kesempatan hadir dalam acara Dancow Parenting Center. Mengingat jaman dulu ketika mengonsumsi Dancow. Ya Dancow adalah susu saya ketika masih kecil. Tiap tanggal muda saya selalu menunggu orang tua membawa Dancow beserta dengan hadiah di dalam kemasan. Ada pensil kayu yang super gendut, penggaris air, notes, peraut, buku cerita, dan lain-lain. Dulu saat kecil saya suka mengoleksi hadiah-hadiah dari Dancow. Dan sekarang ketika tahu Dancow akan mengadakan acara seminar parenting, saya langsung unjuk jari untuk ikutan.

Ehm.. siapa sih yang tidak tahu Dancow? Susu pertumbuhan dengan nutrisi dan stimulasi berkelanjutan yang mendukung perkembangan 5 kemampuan dasar kognitif si kecil. Yaitu memori, perhatian, psikomotor, bahasa, bahasa dan penyelesaian masalah.

Bakal panjang kali lebar kali tinggi kalau saya cerita Dancow.  Lanjut ke acara seminar aja ya..

Hari Sabtu, 27 Agustus 2016 bertempat di Ballroom Hotel Aria saya bersama para bunda mengikuti seminar parenting dengan tema Tumbuh Kembang Si Kecil berawal dari Perlindungan yang Optimal.

Antusiasme masyarakat akan Seminar Parenting ini sangat baik. Terbukti dengan penuhnya kursi yang disediakan oleh panitia Seminar ini dan kurangnya goodie bag. Alhamdulillah, saya menjadi salah satu peserta yang bisa duduk di barisan kedua dari depan dan dapat menimba banyak ilmu dari pada pemateri pada acara ketje ini.

Dancow Parenting Center: Dukung Eksplorasi Si Kecil dengan Perlindungan yang Optimal
welfie bersama bumil santik

Para undangan mulai hadir pada pukul 08.00 pagi. Sesampai di sana kami mengisi formulir yang disediakan panitia, seperti mengisi data pribadi, data si kecil, dan angket lengkap dengan form penilaian untuk acara tersebut.
Sebelum acara dimulai, perwakilan dari Hotel Atria menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pengunjung. Terkait keamanan dan apabila ada kejadian yang tidak diinginkan.

perwakilan dari Hotel Atris
Ada tiga pembicara hebat yang sharing ilmu penuh manfaat buat kami. Beliau adalah Vera Itabiliana, Psi, Sari Sunda Bulan, AMG, Dr. dr Rini Sekartini. Tak hanya itu, kehadiran Shahnaz Haque sebagai moderator menambah marak suasana. 

Bunda Shanaz membuka acara dengan sangat memukau. Beliau memutar video tumbuh kembang putra putrinya. Salah satu putri beliau menjadi lulusan terbaik di Australia. Benar-benar potret keluarga Dancow yang menginspirasi. 

Bunda Shanaz

Setelah menyapa para hadirin dengan semangat, Bunda Shanaz memperkenalkan pembicara satu persatu dan taraaa.. acara inti dimulai.

Dan tanpa memperpanjang kalimat lagi, saya akan berbagi materi dari seminar luar biasa ini.

1. Vera Itabiliana


Profil Bunda Vera Itabiliana
Pertama dari Bunda Vera Itabiliana. Beliau menyampaikan tiga bekal perlindungan untuk tumbuh kembang si kecil, diantaranya adalah
1. Cinta Bunda dan Ayah
Penting untuk memberikan yang terbaik dan menjadi kebutuhan si kecil, bukan hanya memberikan apa yang si kecil suka.
2. Kecukupan Nutrisi
Si kecil bukan bayi lagi, ia mengalami pertumbuhan tubuh dan otak yang amat pesat. Untuk itulah dibutuhkan nutrisi yang dapat mendukung pertumbuhan.
3. Stimulasi
Dengan mengembangkan seluruh aspek perkembangan sesuai usia si kecil, menyediakan ruang bagi si kecil utuk bereksplorasi, dan membantu si kecil untuk mencapai seluruh target tumbuh kembangnya secara optimal. Aspek yang dikembangkan meliputi fisik/motorik, kognisi/kemampuan berpikir, bahasa/komunikasi, emosi, dan sosial


Eksplorasi apa saja yang bisa dikembangkan ketika si kecil berusia 1+?
  1. Sensori-motori
  2. Komunikasi
  3. Sosio-emosional
  4.  Kemandirian
  5. Kognitif
  6. Kreativitas

2. Sari Sunda Bulan

Profil Bunda Sari Sunda Bulan
Pembicara kedua, Bunda Sari Sunda Bulan. Di awal beliau menceritakan tentang Ega putra beliau yang lahir dengan berat 1,3 kg. Umur 8 bulan belum bisa melihat. sekarang Ega menjadi bocah kecil yang lincah. 

Keceriaan Ega
Bunda Sari menceritakan tentang serunya eksplorasi si kecil saat usia satu tahun. Karena pada masa ini bunda hendaknya memenuhi nutrisi yang mendukung eksplorasi di kecil. Memperhatikan gizi seimbang dengan jenis dan jumlah yang sesuai yang diperlukan tubuh.
Tantangan si kecil yaitu saat mereka terserang penyakit infeksi, seperti ISPA, diare, dan lain-lain. Untuk itulah dibutuhkan bakteri baik. Kolonisasi bakteri baik penting untuk pematangan sistem daya tahan tubuh di saluran cerna. Lactobacillus rhamnosus yang ada di Dancow terbukti membantu menurunkan risiko infeksi pada si kecil. 

Selain itu Bunda Sari juga sharing tentang tips memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil
1.      Jadwal makan yang konsisten
Mengapa perlu dibuat jadwal? Agar anak merasakan rasa lapar dan merasa membutuhkan nutrisi serta bisa tumbuh empati pada orang yang kurang mampu.
2.      Jenis makanan yang beragam
Jenis makanan yang dimakan si kecil akan terangkum dalam memory. Jika hanya bayam terus, telur, terus, atau tempe terus.. apa yang ada di memory akan memberikan kesan yang kurang baik.
3.      Jumlah makanan yang sesuai dengan usia si kecil
Bunda Sari memberikan contoh dengan mengepalkan tangan. Kepalan tangan menandakan ukuran nasi atau karbohidrat dan buah. Sedang lauk sesuai denga telapak tangan. Jadi ukuran nasi si kecil seuai dengan kepalan tanga si kecil, bukan kepalan tangan bunda. Memberikan porsi sesuai dengan kebutuhan menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

my plate planner

3. Rini Sekartini

Profil Bunda Rini Sekartini
Pemateri ketiga Bunda Rini Sekartini. Bunda Rini menceritakan tentang ciri khas anak yaitu tumbuh dan berkembang. Selain itu tentang faktor yang berperan dalam tumbuh kembang anak yaitu genetics, envoronment, nutrition (ASI, MP-ASI, makanan keluarga).
Materi menarik lain adalah kebutuhan dasar si kecil, diantaranya adalah
1. Kasih sayang
Kasih sayang dari orang tua, pengasuh, guru, dan teman dapat membentuk rasa aman, gembira, semangat, percaya diri, sabar, toleran, pemaaf, dan senang menolong. Perilaku baik (cerdas emosional spiritual) yang dapat mencegah bullying. 
2. Fisis biomedia (nutrisi, tidur, bermain, dan lain-lain. 
3. Stimulasi
4. Perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi
Rekomendasi WHO (2003)
1. Inisiasi menyusui dini (<1 jam lahir)
2. ASI eksklusif selama 6 bulan
3. Makanan pendamping ASI diberikan paling lambat 6 bulan sambil melanjutan pemberian ASI
4. Berikan MPASI tepat waktu, kendungan nutris cukup dan seimbang, aman, serta diberikan dengan cara yang benar. 

Karena itulah DANCOW Parenting Center bersama Nestle Research Centre mengembangkan program Stimulearn, yaitu program yang dirancang khusus untuk para orang agak mengajak si Kecil bersama-sama bereksplorasi melalu permainan online dan offline. Ayah dan Bunda juga bisa mendapatkan berbagai tip seputar parenting dan artikel berbagi lainnya yang berkaitan dengan tumbuh kembang si Kecil. Pentingnya nutrisi inilah yang melatarbelakangi peluncuran Nestle Dancow Excelnutri+. Nestle Dancow percaya perkembangan anak harus dilakukan secara holistik dan pemahaman akan aspek
 “Dancow terus berinovasi menyediakan kebutuhan nutrisi sesuai dengan tahapan tumbuh kembang si Kecil. Kami ingin memastikan anak Indonesia terlindungi dengan memberikan nutrisi yang tepat karena mereka berada pada masa belajar dan bereksplorasi.”
Cara mengetahui pertumhuhan dan kecukupan nutrisi si kecil
1. Timbang berat badan tiap bulan
2. Ukur panjang/tinggi badan tiap bulan
3. Ukur lingkar kepala tiap bulan


posisi menyusui yang benar

Sesi tanya jawab.

Tanya jawab pada acara ini bisa melalui offline dan online. Offline bagi peserta yang datang dan online melalui sosial media. 
Ada banyak pertanyaan yang diajukan oleh para bunda. Salah duanya adalah
1. Bagaimana mengatasi si kecil yang tantrum.
Si kecil yang tantrum kalau mau sesuatu jangan dikasih. Karena besoknya ia akan tantrum lagi. Dia tahu level nangis dan level cubitan orang tua. Jalan keluarnya yaitu dengan membiarkan si kecil, namun tetap mengawasiny. Setelah tenang ajak bicara, “Adek tadi marah ya karena Bunda ggak ngasih? Lain kali marah boleh, tapi bilang aja aku marah Bunda,” Anak tantrum jangan dicubit. Biasanya tantrum ini hilang di usia 5 tahun. 
2. Bagaimana mengatasi si kecil yang bertengkar dengan saudara
Bertengkar adalah hal biasa, yang tidak biasa adalah cara menyelesaikan masalahnya. Dalam hal ini hendaknya orang tua netral. “Siapa tadi yang duluan pegang dia yang berhak. Kalau ribut, Bunda ambil mainannya,” pertanyaan dan pernyataan ini membuat anak melakukan kompromi satu sama lain, “Dek daripada mainan kita diambil bunda, kita baikan saja,”
Ada kalanya bunda memberikan aturan, “Bunda tidak menerima pengaduan,” 
Dalam penyelesaian masalah Bunda tidak perlu terlalu ikut campur. Si kecil memiliki jalan keluar unik menurut versi mereka. 
Waahh, keasyikan ngetik nih. Saya cukupkan sampai di sini dulu. Tips lain yang saya dapatkan dari acara Dancow Seminar Parenting saya bagikan twitter @duniazie. So, mulai sekarang yuk kita perhatikan nutrisi diri sendiri dan nutrisi si kecil, karena anak-anak kita adalah generasi penerus yang kelak akan melahirkan anak-anak cerdas di masa depan. 

Oiya, tambahan informasi, bila ingin mengetahui segala macam tentang tips parenting dari dancow, bisa langsung ke websitenya di www.dancow.co.id/dpc , atau bisa juga ke facebook di DANCOW Parenting Center, twitter @DancowCenter .  Anda juga bisa berkunjung ke www.tabloid-nakita.com, FB Tabloid Nakita dan Twitter @tabloidnakita .







Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
12 September 2016 at 12:08 delete

ini nih yang keren, perusahaan besar yang perduli dengan konsumennya dan memberikan pengetahuan berguna bagi ibu dan anak

Reply
avatar
15 September 2016 at 21:35 delete

Iya Kak..keren banget.. banyak tiket gratis pula..hehe

Reply
avatar

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku