6 Tips Menyewa Sepeda di Kampung Inggris

6 Tips Menyewa Sepeda di Kampung Inggris

Kampung Inggris, siapa yang tidak tahu kampung Inggris? Sebuah kawasan yang didiami oleh ratusan lembaga kursus. Salah satu keunikan di sini yaitu sepeda onthel. Yap, kalau berkunjung ke Kampung Inggris, kita akan melihat sepeda onthel dimana-mana. Sebagian besar siswa yang berasal dari luar Pare mungkin menjadi penyebab utama sepeda onthel menjadi alat transportasi utama kampung inggris.
Mengapa sepeda onthel menjadi pilihan? Bisa jadi karena lebih simpel dan murah untuk disewakan. Apalagi lagi siswa yang datang ke kampung inggris semakin banyak, pasti macet kalau harus pakai sepeda motor. Selain itu, sepeda juga merupakan kendaraan ramah lingkungan, inilah mengapa kampung inggris menjadi tempat yang nyaman untuk belajar.
Nah bagi teman-teman yang mengambil program di beberapa tempat, tentu sangat memerlukan sepeda onthel ini. Dengan fasilitas ini, kita nggak perlu capek-capek jalan menuju lokasi belajar.
Banyak sekali tempat yang menyediakan jasa penyewaan sepeda di Kampung Inggris. Harga sewanya pun bervariatif. Berkisar antara 65.000 hingga 150.000, tergantung pada jenis sepeda dan tempat dimana menyewa. Namun bagi yang memiliki kantong tebal, dan ingin kenyamanan lebih, di Kampung Inggris juga terdapat tempat penyewaan motor. 

6 Tips Sewa Sepeda di Kampung Inggris

1.    Datang langsung ke tempat persewaan sepeda
Datang langsung, jangan nitip. Apalagi kalau yang dititipin juga sewa, bingung ntar bawanya. Dengan datang langsung ke tempat penyewaan sepeda. kita bisa memilih langsung sepeda yang disukai dan bertemu langsung dengan pihak penyewa.

2.    Siapkan uang
Ingat uang ya.., bukan daun yang dianggap uang atau uang mainan seperti monopoli. Uang ini sangat berguna saat kita membayar sewa sepda.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik tanya terlebih dahulu tentang harga sepeda yang ingin disewa.Harga sewa sepeda di Kampung Inggrs beragam.
Harga sewa sepeda onthel
Harga sepada lama: 65.000-85.000/bulan
Harga sepeda baru 100.000-150.000/bulan
*tergantung jenis sepeda
Harga sewa motor
Motor lama 45.000-70.000/hari.
Motor baru 65.000-85.000/hari

3.    Bawa KTP
KTP asli bukan fotokopian wajib hukumnya dibawa saat menyewa sepeda di Kampung Inggris. Saat itu saya lupa nggak bawa KTP, sebagai tanda jadi saya memakai KTM, keesokan harinya saya kembali untuk menyerahkan KTP.
Trus kalau mau sewa motor. Sedang KTP kita masih di tempat sewa sepeda gimana? Ini terjadi saat kami harus sewa motor untuk jalan-jalan.
Ada dua cara. Pertama pinjam KTP teman, kedua kembalikan sepeda (sementara) ke tempat persewaan, KTP yang tadi buat sepeda ganti buat motor.
Setelah selesai jalan-jalan tentunya kita ngembaliin motor, dengan kata lain KTP kita ikut kembali, kita kembali ke tempat persewaan sepeda onthel buat ambil sepeda kita lagi dan nyerahin si KTP tadi.

4.    Pastikan reparasi gratis
Saat memilih sepeda, pastikan terlebih dahulu bertanya kepada penyedia sewa sepeda. Apakah mendapat servis/reparasi gratis bila terjadi kerusakan pada sepeda? Pada beberapa penyedia jasa sewa, terdapat servis semacam ini. Jadi bila terjadi kerusakan, tidak perlu mengeluarkan uang lagi. Namun ada juga yang tanpa fasilitas tersebut.
Contohya saya sewa sepeda 1 bulan. Oleh bapak penyewa, saya diminta datang ke sana dua minggu sekali untuk cek sepeda gratis. Selain itu apabila ada masalah, bisa direparasi gratis.

5.        Pastikan aksesoris sepeda lengkap
Kenyamanan dan keamanan menjadi faktor utama dalam bersepeda. Agar tak salah pilih, perlu cek rem, ban, dan lain-lain. Yang tak kalah penting lagi, pastikan sepeda yang akan disewa dilengkapi dengan kunci pengaman. Sebab kita tidak 24 jam mengawasinya. Untuk menghindari tangan-tangan jahil, tentu sepeda harus dalam keadaan terkunci.

6.        Menjaganya sepenuh hati
Tidak hanya hati yang dijaga. Sepeda juga!
Teman-teman harus menjaga sepeda yang disewa dengan baik. Karena kalau sampai hilang, bisa kena ganti rugi. Nah untuk itu, jangan lupa selalu membawa kunci sepeda kemanapun. Meskipun Kampung Inggris merupakan daerah yang relatif aman dari pencurian, namun berusaha semaksimal mungkin tidak ada salahnya.
Lagipula, mengunci sepeda juga dilakukan agar sepeda yang dipinjam tidak tertukar dengan sepeda siswa yang lain. Selanjutnya, pastikan juga mengingat nomor seri sepeda. Karena ada ribuan sepeda yang beredar di sekitar kampung inggris, bisa bingung kalau tidak mengingat nomor seri sepeda. Atau paling tidak, cobalah untuk mengingat warna dan bentuk sepeda yang dipinjam.


            Okey, itu dia sedikit sharing tentang tips menyewa sepeda di Kampung Inggris. 
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Wawan Sirait
AUTHOR
8 January 2017 at 07:28 delete

Siap kak. Makasih banyak infonya. Sangat membantu saya yang baru pertama kali ke pare

Reply
avatar
12 February 2017 at 16:40 delete

sama-sama.. terimakasih juga sudah mampir di blog saya :)

Reply
avatar

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku