Wisata Kenjeran Park Surabaya

Wisata Kenjeran Park Surabaya


Kunjungan Ke Kenjeran Park (KenPark) kali ini sama sekali tanpa rencana. Awalnya saya, Bu Nur Khasanah (Tarakan), dan Pak Ahmad Amran/Anita (Selayar) pergi ke SD Islam Al-Azhar 35 Surabaya untuk menyerahkan surat penelitian.
Berbekal GPS kami mencari SD Islam Al Azhar 35 Surabaya. Dan tahu sendirilah bagaimana GPS bekerja. Adakalanya kami diputar-putar di jalan tertentu, kadang melewati jalan tercepat (sungai, jalan kampung, dan jembatan), serta beberapa kali kami harus mengulang jalan.
Alhamdulillah perjuangan mencari SD Islam Internasional ini membuahkan hasil. Kami disambut senyum Pak Satpam saat sampai di depan gedung megah tersebut. Besar harapan kami, dapat masuk dan mengobati rasa penasaran ada apa gerangan di balik gedung SDI Al Azhar 35. Namun karena belum rezeki, hanya salah satu dari kami yang diperolehkan masuk yaitu surat pengantar penelitian. Suratnya doang.
Upaya membujuk Pak Satpam nihil. Kami pulang dengan oleh-oleh brosur SD beserta nama guru dan nomor telepon yang dapat kami hubungi untuk konfirmasi.
Dan sepertinya, sampai tulisan ini dibuat, kami masih dihantui penasaran akan kurikulum SDI Al-Azhar 35 Surabaya. Surat penelitian kami ditolak. Ehm.. penasaran yang entah kapan akan berakhir.
Eee.. jadi curcol..
Lha karena saat mengantar surat penelitian, kami tidak mendapat kesempatan masuk. Akhirnya kami bertiga mengelilingi Pakuwon City.
Mata kami terbelalak, takjub dengan desain kotanya. Desain kota yang menark, taman kebun dan hijau, serta ada bayak fasilitas yang ditawarkan.
Sampai akhirnya nyasarlah kami ke Kenjeran II atau biasa disebut Kenjeran Baru atau bisa juga KenPark. Lokasi Kenpark pantai Kenjeran Surabaya sangat luas dibandingkan dengan pantai Kenjeran lama. Tapi sama-sama memiliki pantai yang merupakan 1 terusan, terbentang dari pantai Kenjeran lama sampai dengan pantai Kenjeran baru.
Dari gerbang utama, ada berbagai aneka tanaman. Mau ke Pura Sanggar Agung, Kolam Renang, atau ke Pantai? Tempat ini ditunjukan lewat penunjuk arah. Karena kami ingin ke Pantai, kami memilih jalur lurus. Setelah parkir, kami masuk gerbang.
Dan tarra! Di sini kami kebingungan. Tidak ada penanda sama sekali. Mau ke kanan, kiri, atau lurus, serahkan pada kaki melangkah. Akhirnya kami mencoba menyapu jalanan, melintasi kawasan food road,  menikmati rimbunan pepohonan dengan suasana sepoi-sepoi, menyejukkan. bermain ayunan, jungkat-jungkit, dan lainnya.
Memasuki waktu Dhuhur, kami sholat di mushola. Sayang sekali, saat kami ke sana toilet di mushola tutup. Jadi terpaksa kami wudhu di pancuran air yang ada di bawah pohon. Setelah sholat, kami makan siang di tepi pantai. Menikmati es kelapa muda ditemani sensasi semilir angin pantai Kenjeran. Ehm..
Oiya, selain pantai dan arena bermain, di KenPark juga tersedia klenteng Sanggar Agung yang besar dan menarik karena terletak di pinggir laut. Persis di bagian belakang klenteng Sanggar Agung mengarah ke laut, terdapat patung Dewi Kwan Im. Pada saat-saat perayaan agama maka klenteng akan sangat ramai oleh karena banyaknya pengunjung yang akan melakukan ritual doa. Selain itu ada pula tiruan bangunan Temple of Heaven yang dibuat mirip dengan aslinya yang berasal dari daratan Cina, dan juga patung Budha empat wajah.
Di KenPark ini juga ada tempat penjualan candramata khas kerajinan laut seperti tirai yang terbuat dari rangkaian kulit kerang dan keong laut, souvenir patung kecil yang terbuat dari kernagka binatang laut dan benda-benda yang unik hasil kerajinan laut.
Hiasan yang dibuat para pengrajin itu diambil dari berbagai macam jenis kerang yang memiliki bentuk dan warna berbeda-beda keunikan tersendiri.

Bangunan unik di lokasi Kenpark

1.   Pagoda Tian Ti (Langit Bumi)
Tak perlu jauh-jauh pergi ke Beijing, Tiongkok. Di Pantai Kenjeran sekarang telah berdiri duplikat bangunan sejenis Pagoda Tian Ti atau Temple of Heaven. Letaknya tak jauh dari Kya-Kya Sea Side.
Wisata Kenjeran Park Surabaya

Wisata Kenjeran Park Surabaya

2.  Klenteng Sanggar Agung dengan patung Dewi Kwan Im di tepi laut
Klenteng Sanggar Agung ini merupakan salah satu tempat ibadah umat Tridharma. Sanggar Agung ini didirikan di atas laut sehingga berbentuk seperti teluk kecil yang menjorok ke laut. Desainnya merupakan campuran dari arsitektur khas China, Bali, dan Thailand. Di sini, teman-teman juga akan melihat patung Dewi Kwan yang dibangun di tepi laut dengan tinggu 20 meter. Pada bagian kanan dan kiri Patung Desi Kwan In terdapat patung naga masing-masing panjang mencapai 2 meter.
Wisata Kenjeran Park Surabaya

3.  Patung Budha empat wajah, yang berada di depan klenteng Sanggar Agung
Ini nih four faced Budha dengan ukuran lebih besar dari aslinya. Tak perlu ke Thailand untuk melihatnya, cukup di KenPark Surabaya.
Wisata Kenjeran Park Surabaya



Melihat luasnya KenPark, seharusnya KenPark bisa lebih keren dari sekarang. Pertama masalah sampah, Sebagai fasilitas umum, tempat sampah wajib diletakkan di tempat-tempat dengan intensitas pengunjung yang tinggi. Yang jelas, untuk memberikan kesan fasilitas umum bersih, dimulai dengan tempat sampah. Iya, kalau seluruh pengunjung sadar untuk mengantongi sampah dan baru membuang setelah menemukan tempat sampah, kalau tidak?
Kedua, perlu beberapa satpam di titik-titik tertentu. Sebenarnya pengunjung KenPark ini didominasi oleh anak-anak. Namun anehnya ternyata masih ada pasangan yang mojok di beberapa tempat di KenPark.
Ketiga, pembenahan. Kenpark tidak akan memberikan kesan kumuh jika penataan tanamannya baik. Selain itu, banyak sekali tempat yang “nganggur” yang jika dipoles sedikit bakal menjadi tempat yang dapat menarik pengujung. Contohnya area di sekitar Pagoda Tian Ti. Dengan pembenahan dapat menarik wisatawan domestik untuk berkunjung ke tempat wisata ini, yang tentunya berdampak pada pemasukan daerah.
Oke gaes, tak usah bingung untuk mencari tempat berlibur yang nyaman murah meriah, Pantai Kenjeran telah menjadi salah satu tempat berlibur yang anda inginkan. 
personl Halanhalanseru kika: Bu Nur, Zie, dan Pak Amran (Anita)

 Ini dia hasil jepret selama di KenPark 

Wisata Kenjeran Park Surabaya


Wisata Kenjeran Park Surabaya




Wisata Kenjeran Park Surabaya





Wisata Kenjeran Park Surabaya






Wisata Kenjeran Park Surabaya

Wisata Kenjeran Park Surabaya

Wisata Kenjeran Park Surabaya

Wisata Kenjeran Park Surabaya
harga berkisar 10.000-30.000

ganci 5.000 dapat 4










Foto usil si Anita alias Pak Amran


Masak ngambil gambar kami seperti ini..

Dan..taraaaaa... Perjalanan kami kesini hanya untuk menemani Anita alias Pak Amran beli mainan..


Previous
Next Post »

7 comments

Write comments
11 April 2016 at 09:50 delete

kenjeran memang wisata yang sangat bagus. dulu pengen kesana, tapi belum kesampekan. semoga bisa kesana,.. penasaran sama kenjeran park.

Reply
avatar
12 April 2016 at 20:52 delete

Aamiin.. Ayo Kak ke Surabaya.. Keren tempatnya..

Reply
avatar
Razma Razma
AUTHOR
27 August 2016 at 23:05 delete

Niat ke Kenpark tapi gagal. Ngeliat foto2nya jd pengen segera kesana lagi. Thanks sangat informatif

Reply
avatar
28 August 2016 at 16:23 delete

wah sayang sekali.. semoga lain kali bisa ke sini.. hitung-hitung percobaan sebelum ke Thailand heheh

Reply
avatar
Titim Nuraini
AUTHOR
6 September 2016 at 10:48 delete

Tiket masuknya berapa Mbak?

Reply
avatar
10 September 2016 at 10:32 delete

sekitar 15k mbak.. lupa.. itu buat dua atau satu orang hehehe

Reply
avatar
andini
AUTHOR
23 March 2017 at 13:08 delete

tempat wisata di indonesia semakin banyak, jadi tidak perlu lagi pergi ke luar untuk rekreasi. di negri sendiri pun sudah banyak :)

Reply
avatar

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku