Cara Mudah Download Jurnal Internasional dari Website Perpustakaan Nasional RI

Cara Mudah Download Jurnal Internasional dari Website Perpustakaan Nasional RI

Memasuki semester kedua program beasiswa S-2, sepertinya kami harus mengencangkan perut, lari lebih cepat, dan ekstra hati-hati jaga kesehatan.
Mengapa?
Karena semester ini beda dengan semester pertama yang memaksa melatih mahasiswa melahap buku super tebal. Semester kedua lebih ke sumber internasional.
“Untuk melakukan penelitian, sumber minimal 10 buku berbahasa Inggris dan 10 jurnal internasional,” pesan Bu Wahyu, Kaprodi Dikdas.
Uwoooot? 10 buku bahasa asing? Jujur ini benar-benar membuat perut saya minta diisi lebih banyak nutrisi.
Setelah enam bulan pertama kami membaca ribuan halaman buku bahasa Inggris dan Indonesia, sekarang diminta yang lebih banyak yang menggunakan bahasa asing.
Data ribuan halaman ini saya ketahui saat mengisi rapot FLP Jawa Timur. Organisasi kepenulisan yang membantu saya mewujudkan mimpi menjadi penulis ini menarget anggota membaca 100 halaman per minggu. Jadi ketahuan berapa halaman yang sudah dibaca dan lewat masuk di memory.
Bagaimana serunya semester dua ini, tunggu di tulisan saya berikutnya. Karena banyaknya pertanyaan bagaimana cara mengunduh jurnal internasional, maka kali ini saya akan berbagi cara mudah download jurnal, e-book, dan artikel lain dari website Perpustakaan Nasional.Republik Indonesia.

Syarat mendaftar perpustakaan Nasional Indonesia (PNRI)

  1. Siswa (minimal SLTA), mahasiswa, dan umum. Warga Negara Indonesia (WNI/WNA), berdomisili di dalam maupun luar negeri.
  2. Mengisi formulir permohonan yang telah disediakan di ruang keanggotaan Lt. I C Perpustakaan Nasional RI Jl. Salemba Raya No. 28 A Jakarta
  3. Menunjukkan tanda pengenal asli dan masih berlaku : i. Umum : Kartu Tanda Penduduk ii. Mahasiswa : Kartu Mahasiswa iii.Pelajar : Kartu Pelajar
  4. Mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi.
  5. Kartu anggota dapat pula digunakan untuk Layanan Terbuka Perpustakaan Nasional RI Jl. Merdeka Selatan No. 11, kecuali bagi yang berdomisili di luar Jabotabek.
  6. Masa berlaku kartu anggota Perpustakaan Nasional RI : 5 tahun.


Langkah-langkahnya sebagai berikut

  1.  Mendaftar menjadi anggota Perpustakaan Nasional RI secara online melalui tautan:http://keanggotaan.pnri.go.id/daftar.aspx. Isi tabel yang ada secara lengkap
    Cara Mudah Download Jurnal Internasional dari Website Perpustakaan Nasional RI
  2. Klik pada kotak kecil di samping tulisan “Saya menyatakan data yang diisi benar dan dapat dipertanggungjawabkan, serta setuju untuk mentaati segala peraturan Perpustakaan Nasional RI”. Setelah itu, klik DAFTAR
  3. username dan password mungkin akan digunakan sebagai username dan password kita untuk masuk ke e-resource jika sudah dikonfirmasi nanti, oleh karena itu catat baik-baik
    Cara Mudah Download Jurnal Internasional dari Website Perpustakaan Nasional RI
  4. Jika sudah terdaftar menjadi anggota, kita dapat mengakses gratis terbitan elektronik  diantaranya sebagai berikut : Alexander Street Press, Alexander Street Video, Balai Pustaka, Bowker, Brill Online, Cambridge University Press, Cengage Learning, Ebrary, Ebsco Host, IGI Global, Westlaw, Indonesia Heritage Digital Library, KITLV, Lexis Nexis, Myilibrary, Proquest, Sage Knowledge, Taylor & Francis, Ulrichs, dan IG Publishing.
  5. Kemudian masuk kembali ke halaman http://e-resources.pnri.go.id, masukkan “Username” dan “Password”. Teman-teman bebas mengakses semua koleksi digitial yang ada di website ini. Tahap selanjutnya untuk mencari jurnal yang teman-teman butuhkan tinggal masukan kata kunci di kotak pencarian/Search.
  6.  Setelah memasukan kata kunci di kotak pencarian maka akan keluar beberapa hasil artikel, seperti pada contoh gambar dibawah ini. Untuk mendownload jurnalnya, kita tinggal klik kanan pada Full Text Online. Kemudian klik Save Link As, jurnal tersimpan dalam bentuk html. 
  7. Cara kedua  dengan mengklik langsung link judul, maka kita akan langsung diarahkan untuk membuka file tersebut dan kita bisa membacanya dahulu. Dan untuk mendownloadnya, anda klik Export/Save pada pojok kanan atas seperti gambar dibawah ini. Lalu kita bisa memilih file yang kita download mau dismpan dengan ekstensi PDF, TXT, HTML, RTF, dan masih banyak lainnya, pilih salah satu.
  8. Cara ketiga atau yang terakhir yaitu yang paling simpel yaitu dengan cara menklik langsung ikon PDF kemudian klik download PDF 

    tampilan PDF, klik save as

Tak hanya jurnal, di website Perpustakaan Nasional RI juga bisa mengakses buku, monograf, manuskrip, dan lain-lain







Jangan lupa ya, jurnal ini didanai oleh rakyat Indonesia, jadi kita manfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. 

Semoga bermanfaat. Jika teman-teman membutuhkan informasi atau mengajukan pertanyaan/saran/keluhan terkait layanan koleksi e-Resources  bisa menghubungi saya PNRI via email : layanan_eresources@pnri.go.id (sebutkan Nama dan nomor anggota anda) atau Call Center Jasa Layanan Perpusnas : 0800-1-737787.



Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Asih Imaniar
AUTHOR
5 May 2017 at 09:18 delete

buku adalah sumber ilmu, dari berbagai bidang ilmu. peran perpustakaan begitu sangat penting di zaman yang kian modern kini perpustakaan dapat diakses melalui smartphone atau pun pc sehingga kita lebih mudah dalam mencari sumber bacaan. seperti gunadarma yang menyediakan perpustakaan online yang dapat di akses melalui http://library.gunadarma.ac.id/

Reply
avatar

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku