Media Sederhana untuk Belajar Mengikat Tali Sepatu

Media Sederhana untuk Belajar Mengikat Tali Sepatu

Berdasarkan pengamatan, mengikat tali sepatu bisa sangat rumit bagi sebagian besar siswa TK dan 1 SD. Jadi orang tua membelikan sepatu dengan perekat velcro (tanpa tali). Karena lebih praktis.
Ada masa anak memakai sepatu dengan perekat velcro, ada massa dengan memakai tali sepatu. Untuk melalui tahap ini, saya dan Bu Ika -partner saya di kelas 1- melatihsiswa mengikat tali sepatu menggunakan media sederhana kertas dan rafia..
Kegiatan ini dapat melatih kemandirian dan mengasah kemampuan motorik halus pada siswa, karena untuk mengikat tali sepatu menggunakan jari telunjuk dan ibu jarinya sehingga seperti melatih jari-jemari si kecil. Aktivitas ini juga dapat melatih koordinasi gerakan dengan pandangan sehingga anak tidak salah memasukkan tali. Selain itu, juga melatih fokus, serta bagaimana ia bisa memasang tali sepatunya dengan benar supaya tidak mudah lepas. Bagi anak yang suka berlari-larian, maka tali sepatunya akan mudah lepas. Sepatu bertali dapat melatih mereka untuk lebih perlahan dan fokus dalam mengikat sepatu sehingga tidak mudah lepas. 
Sekilas tampak mudah, namun ternyata keterampilan mengikat tali sepatu seringkali sulit dikuasai. Meski siswa bisa memegang tali sepatu dengan jari dan mengikatnya hingga kencang, namun ada saja hal yang salah. Dan bukan tidak mungkin, tali sepatunya terlepas, misalnya.
Bagaman cara mudah melatih anak menali sepatu?
Pertama, kita siapkan media sederhana yaitu kertas berlubang dan tali rafia. 

Kemudian kita memberi contoh memegang tali dan menariknya menyilang satu sama lain sehingga berbentuk X. Setelah tali disilang, kita ikat seperti pita. Ikatan ini harus kuat supaya pitanya tidak lepas. Lalu kita ajarkan cara mengencangkannya.

Cara mengikat tali sepatu tidak hanya memakai satu cara tersebut. Guru bisa menunukkan beberapa contoh cara mengikat sepatu yang rapi. Oiya, siswa perlu waktu lama untuk bisa menguasai metodenya. Namun, setelah bisa, ia dapat mengembangkan tekniknya sendiri.

Saat siswa  tidak bisa atau bahkan jago memasang serta mengikat tali sepatu. Tetap acungi dua jempol pada siswa. Ini dilakukan agar siswa yang belum bisa tetap terus semangat mencoba mengikat tali sepatu.
Media Sederhana untuk Belajar Mengikat Tali Sepatu

Media Sederhana untuk Belajar Mengikat Tali Sepatu

Media Sederhana untuk Belajar Mengikat Tali Sepatu

Media Sederhana untuk Belajar Mengikat Tali Sepatu

Seru bukan? Ada berbagai ekspresi yang nampak di wajah mereka.

Ini dia berbagai jenis ikatan yang dibuat oleh siswa SD Islam As-Salam







Alhamdulillah siswa bisa mengikat sepatu dengan berbagai ikatan yang unik hehehe. Agar pelajaran tambah menarik, kami memberi PR membuat kolase tali sepatu.







Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Bunda Nad
AUTHOR
11 December 2015 at 14:36 delete

Wah, idenya keren, Bu. Terima kasih sudah berbagi. Nanti coba saya terapkan dengan anak saya yang lagi main homeschooling2an. :)

Reply
avatar
12 December 2015 at 13:56 delete

Sama-sama Bunda Nad...
terimakasih sudah brkunjung di lapak saya..

Reply
avatar

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku