Mas Pram dan Tokonya



Salah satu program kelas yang menjadi mimpi saya dan belum bisa tercapai adalah menampatkan anak-anak pada spot yang mendukung cita-cita mereka selama 2-3 hari. Magang istilahnya.
Dalam imajinasi saya, pengalaman ini pasti seru, menantang, dan membuat pembelajaran lebih bermakna. Anak-anak bisa lebih mengenal lebih dekat dengan mimpi yang ia cita-citakan, mendapat metvasi dari sumbernya langsung, dan mengalami hal baru dalam hidup mereka: tinggal dengan orang sukses.
Karena mimpi itu belum menjadi kenyataan, maka saya memberi tugas untuk wawancara saja. Ya sekedar wawancara untuk mencari tahu proses sukses pengusaha rumahan, toko dan sejenisnya.
Wawancara adalah teknik atau metode pengumpulan data dengan jalan mengadakan komunikasi sengan sumber. Komunikasi dilakukan secara dua arah melalui  dialog tanya jawab secara lisan. Tujuan diadakannya wawancara adalah untuk memperoleh keterangan, data, dan informasi dari siswa. Selain itu untuk mengetahui adanya permasalahan dalam diri siswa.
Di bawah ini adalah salah satu hasil wawancara murid saya, selamat menikmati.

Lembar laporan reportase

Nama Narasumber    :  Mas Pram
Reporter                      :  Fathiya mayza rahmah
Hari, Tanggal              :  14  September 2015
Topik Reportase        :  Pengusaha kecil - kecilan atau pengusaha rumahan     
Hasil Reportase         :  Pengusaha kecil - kecilan atau pengusaha rumahan 

Saya akan melaporkan hasil wawancara saya.
Mas Pram adalah pengusaha yang berjualan di Masjid Al Ghifari. Mas Pram ber jualan herbal, obat obatan, jajanan, baju, alat tulis, sepatu, madu dan lain lain.
Tujuannya supaya apabila ada jamaah masjid yang membutuhkan barang barang itu dapat membeli di toko kecil itu. Toko ini  di buka sejak tanggal 10 Ramadhan tahun 2015. Yang membantu toko itu adalah teman teman mas Pram dan Allah.
Toko itu hanya ada di Masjid Al Ghifari. Saat saya bertanya bagimana cara agar toko ini bisa sukses mas Pram menjawab. “ tawakal kepada Allah.”. Hebat ya mas Pram.
Mas Pram bekerja sama dengan Masjid Al Ghifari. Barang barang yang di jual di toko itu kebanyakan titipan atau barang produksi pabrik. 
Mas Pram memilih usaha ini agar bisa memakmurkan masjid. Pelanggan setia toko itu adalah jamaah Masjid Al Ghifari. 
Mas Pram sangat pandai membagi waktu antara menjaga toko dengan kegiatan lainnya. Karena katanya soal nya waktu nya luang. Mas Pram sangat ramah pada pembeli. Mas Pram juga baik kepada anak anak. Jadi bila ke Masjid Al Ghifari jangan lupa beli ke toko nya mas Pram ya... hehehe. Sekian hasil reportase saya, wassalamualaikum...


Kesimpulan           : apabila kita bertawakal pada Allah niscaya Allah akan
                                  Membantu kita.     

Mas Pram dan Tokonya



Previous
Next Post »

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku