Belajar Rumput Laut dan Wisata Lombok di Pantai Grupuk

Belajar Rumput Laut dan Wisata Lombok di Pantai Grupuk

Hai, namaku Fiyna Alyatun Afifah, aku biasa dipanggil Alya.......cantik kan namaku (lebay dikit deh..he..he). Kali ini aku akan menceritakan pengalamanku saat diajak oleh  ummiku untuk berwisata dan melakukan penelitian rumput laut di Grupuk, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 
Saat itu harusnya aku sekolah tapi aku lebih memilih untuk ikut penelitian bersama ummiku (tapi aku tidak bolos lho.....aku kan sudah minta ijin sama guruku). Ooooh ya ngomong-ngomong kenapa yah ummiku kok penelitiannya rumput laut??? Karena ummiku adalah seorang dosen Perikanan & Kelautan makanya dia sering melakukan penelitian yang ada hubungannya dengan hasil-hasil Perikanan, seperti rumput laut ini.
Sekarang aku akan mulai bercerita tentang pengalamanku ketika diajak ummiku wisata Lombok dan penelitian rumput laut. Saat itu itu aku dan ummiku berangkat bersama beberapa mahasiswa Universitas Mataram menggunakan mobil. Hatiku sangat senang karena ini pengalaman pertamaku tetapi juga deg-degan karena aku belum pernah kesana. Perjalanan ke Grupuk ternyata sangat jauh, jadinya aku sedikit pusing karena selama dua jam aku terus berada di mobil .
Sesampainya di Grupuk aku ke luar dari mobil, ternyata di sana sangat panas karena lokasinya di dekat pantai. Walaupun panas, aku senang sekali karena pemandangannya sangat indah. Sebelum memulai penelitian aku, ummi beserta mahasiswa minta izin dulu ke kantor tempat penelitiannya. Kantornya juga ternyata terletak di tepi pantai, jadi aku tetap masih bisa melihat pemandangan pantai walaupun aku berada di dalam kantornya.
Setelah mendapatkan izin kami langsung menuju ke tempat penelitian rumput laut yang sedang ditanam di perairan Grupuk. Sebelum memulai penelitian ummiku memberikan pengarahan kepada mahasiswanya. Setelah itu baru semua mahasiswa turun kelaut untuk memulai penelitian. Ternyata rumput lautnya itu ditanamnya jauh ke tengah laut sehingga harus menggunakan perahu untuk sampai kesana. Aku ingin sekali ikut naik perahu tapi sayang tidak dibolehkan sama ummiku karena aku belum bisa berenang waktu itu. Akhirnya aku dan ummiku menunggu di tepi pantai sampai mahasiswanya selesai melakukan penelitiannya.
Sambil menunggu mahasiswa melakukan penelitian di tengah laut akhirnya aku  bermain air di tepi pantai dan ternyata airnya asin banget lho.......Di tepi pantai itu aku menemukan bintang laut berwarna biru, (cantiiiik deh......warnanya kayak frozen..he..he..kebetulan nih, aku kan penggemarnya frozen). Terus aku minta izin sama ummiku untuk membawa pulang bintang lautnya. Nanti bintang lautnya mau aku pelihara di kamar mandi he...he....emang bisa ya????? Kan bintang laut itu hidupnya di air asin....
Setelah cukup lama aku bermain-main di tepi pantai akhirnya mahasiswanya datang dan membawa rumput laut yang bewarna-warni, ada yang bewarnya merah, kuning, coklat, hijau, biru. Kata ummiku warna rumput laut yang bermacam-macam itu disebabkan karena pigmen yang ada didalam rumput lautnya berbeda-beda.  Tapi ngomong-ngomong pigmen itu apa ya???? Aku juga bingung......eh, tapi kebetulan nih ada mahasiswa yang juga menanyakan tentang pigmen kepada ummiku jadi aku akhirnya tahu kalau pigmen itu adalah salah satu zat yang memberikan warna pada setiap makhluk hidup, seperti manusia ada yang berkulit hitam, cokelat dan putih. Alhamdulillah........bertambah lagi pengetahuanku hari ini.
Setelah itu kami semua istirahat dan makan siang dulu. Ahirnya tidak terasa sore pun tiba dan kami semua berpamitan ke kantor tempat penelitian sekaligus mengucapkan trimakasih karena sudah mengijinkan kami melakukan penelitian disana. Dalam perjalanan pulang ternyata aku tertidur di dalam mobil. Begitu terbangun ternyata aku sudah sampai di rumah dan hari sudah larut malam. Aku langsung mandi dan makan terus tidur lagi. Sungguh sebuah pengalaman yang indah hari ini bagiku, pengalaman ini tak kan pernah ku lupakan sampai aku besar nanti. Terima kasih ummi, berkat engkau aku banyak belajar tentang hal lain yang belum diajarkan di sekolah.
Ini salah satu gambar rumput lautnya...............

Belajar Rumput Laut dan Wisata Lombok di Pantai Grupuk





Previous
Next Post »

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku