Menulis Pengalaman Sembilan Hari Belajar dengan Saya

Menulis Pengalaman Sembilan Hari Belajar dengan Fauziah

Salah satu cara untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anak-anak terhadap materi yang saya ajarkan adalah dengan menulis pengalaman bersama saya.
Di bawah ini adalah salah satu cerita anak-anak tentang saya, ups tentang belajar bersama saya ^_^

PENGALAMAN DI SEKOLAH

Saat pertama sekolah yang lalu, pertama masuk kelas lima rasanya masih sama pada saat kelas empat. Saat pengumuman siapa yang mengajar di kelas lima, dalam hatiku mengatakan siapa ya yang mengajar kelas lima????…………….ternyata yang mengajar kelas lima adalah Bu Fauziah.
Aku sangat senang karena Bu Fauziah itu menurutku guru yang kreatif dan ceria. Besoknya di sekolahku mengadakan acara halal-bihalal dimana saat itu semua membawa kue dan saling membaginya ke teman-teman. Saat itu aku membawa kue tempani yang merupakan kue khas dari daerah asalku, yaitu Lombok. Ternyata banyak yang menyukainya, hatiku sangat senang bias berbagi dengan teman-temanku. Pada hari itu kami masih tidak belajar apa-apa.
Besoknya aku dan teman-teman dibagikan jadwal pelajaran dan buku-buku pelajaran. Selanjutnya aku dan teman-teman belajar tentang pembagian dan perkalian. Waktu itu aku sedikit kesusahan saat mengerjakannya karena aku masih terbawa suasana liburan kemarin. Tetapi walaupun sedikit susah aku mendapatkan nilai seratus, wah….aku kaget dan senang waktu itu.
Ketika pulang ke rumah aku ceritakan kepada ummiku kalau aku mendapat nilai seratus. Ummiku sangat senang dan aku diminta untuk bias mempertahankan perestasiku tidak hanya saat ini saja tetapi seterusnya. Aku pun menjawab “ok ummi.…”. Hatiku sangat senang karena dapat membahagiakan hati orangtuaku.
Besoknya adalah hari yang ku tunggu-tunggu karena mulai besok kami mulai pulang jam dua siang. Hari itu aku belajar entang pembagian campuran. Cara pertama yang diberikan Bu Fauziah masih sulit bagiku untuk memahaminya, tetapi cara yang kedua menurutku mudah. Ketika diberikan tugas pecahan campuran sama Bu Fauziah aku lebih suka menggunakan cara yang kedua.
Hari berikutnya aku melakukan percobaan di gazebo, tentang perubahan wujud benda (Gambar 1). Selesai tahfiz Bu Fauziah memintaku dan teman-teman pergi ke gazebo untuk melakukan percobaan perubahan wujud benda. Aku mengambil buku PS dan tempat pensilku, beberapa teman-teman langsung mengambil sepatu dan pergi ke gazebo. Ternyata sesampainya di gazebo Bu Fauziah pun sudah ada disana. Bahan dan peralatannya ternyata sudah lengkap sehingga kami langsung memulai percobaannya. Selesai melakukan percobaan kami langsung makan bersama. Saat itu tema menu makanannya adalah bebas, aku membawa roti bakar keju yang dibuatin oleh ummiku….mmm yummi….Alhamdulillah, bisa menghilangkan rasa laparku untuk sementara.
Hari berikutnya lagi aku mendapat penghargaan di kelas karena memiliki nilai terbaik untuk tugas-tugasku di Buku paket Yudistira. Aku sangat senang karena kerja kerasku tidak sia-sia. Ketika semua itu aku ceritakan ke ummiku, beliau sangat senang mendengarkannya dan mendoakan yang terbaik untukku. Terima kasih ummiku……..
Besoknya lagi di sekolah aku belajar tentang pembagian campuran lagi. Siangnya waktu pulang sekolah aku nangis karena dingganggu sama temanku Rafly. Aku ingin melaporkan kepada Bu Fauziah, tetapi Ummiku melarangku dan meminta kepada saya untuk menyelesaikan masalahku dengan Rafli dengan kemampuanku sendiri dulu, kalau tidak bisa barulah melaporkan kepada Bu Fauziah. Alhamdulillah, beberapa hari kemudian aku tidak diganggu lagi sama temanku Rafli. Terima kasih ummi, engkau mengajarkan aku untuk mandiri dalam menyelesaikan masalahku.
Tibalah hari yang aku tunggu-tunggu, yaitu hari dimana kami melakukan perlombaan dalam rangka merayakan  hari kemerdekaan 17 Agustus. Aku, Hilya, Ruqoyah dan Aca mewakili kelasku untuk mengikuti lomba balap puzzel dan alhamdulillah aku sangat sengang karena kami mendapatkan juara satu.
perubahan wujud benda

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Ali Muakhir
AUTHOR
24 August 2015 at 08:58 delete

Inspiratif sekali

Alee I www.alimuakhir.com

Reply
avatar
Ali Muakhir
AUTHOR
24 August 2015 at 09:00 delete

Inspiratif sekali

Alee I www.alimuakhir.com

Reply
avatar
Fauziah
AUTHOR
25 August 2015 at 14:13 delete

Terimakasih sdh mampir bsng ale

Reply
avatar

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku