6 Tips Agar Anak Menang Lomba Menulis


5 Tips Agar Anak Menang Lomba Menulis

Beberapa tahun belakang, lomba menulis untuk anak merebak dengan pesat. Ada banyak pihak yang mengadakan lomba menulis, mempromosikan peluang menjadi penulis cilik, pembentukan berbagai klub penulis cilik, dan kegiatan lain yang berhubungan bagaimana cara menjadi penulis. Karena banyaknya lomba dan pertanyaan beberapa teman terkait ekstra menulis, saya coba membuat tips trik agar anak menang lomba menulis.

Tips pertama: kesesuaian tema

Sebelum menulis naskah untuk lomba, perhatikan terlebih dahulu tema lomba yang telah ditentukan panitia. Sebagus apapun naskah jika tidak sesuai dengan tema, biasanya akan disisihkan oleh juri. Jadi kesesuaian tema ini penting sekali.

Tips kedua: keunikan ide

Bisa dikatakan, menulis adalah menjual ide. Agar menarik, tokoh utama tidak harus manusia. Coba sesekali buat cerpen yang unik dengan tokoh benda tertentu, hewan, orang jahat, atau yang lain. Contohnya ide pemenang LMCA Kemendikbud yang mengangkat Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), benda, dan anak yang jahat. Ide unik lainnya adalah tulisan yang menyentuh hati pembaca, memberikan pengetahuan lebih bagi pembaca, dan tidak mudah ditebak.

Tips ketiga: mencari tahu selera juri.

Poin ini sebenarnya bukan yang utama, asal ide kita unik juri pasti suka. Namun belajar dari pengalaman. Salah satunya pengalaman di Lomba Menulis Cerita Anak (LMCA) Kemendikbud. Bila diamati, kisah tentang anak berkebutuhan khusus beberapa kali menjadi juara I. Dari sini, salah satu kesimpulan saya adalah juri suka dengan ide tentang anak ABK

Tips keempat: mempelajari naskah pemenang

Belajar dari naskah pemenang adalah salah satu trik yang oke. Selain kita belajar selera juri, dari naskah tersebut kita juga bisa mencari nilai lebih tokoh, alur, pesan, diksi, dan konflik cerita. 

Berikut beberapa cerpen pemenang lomba yang bisa dipelajari.

  1.  CERPEN JUARA 1 LMCA 2012
  2. CERPEN JUARA 2 LMCA 2012
  3. CERPENJUARA 3 LMCA 2012
  4. CERPEN JUARA 1 LMCA 2013
  5.  CERPEN JUARA 2 LMCA 2013
  6. CERPENJUARA 3 LMCA 2013
  7. CERPEN JUARA 1 LMCA 2014
  8. CERPEN JUARA 2 LMCA 2014
  9. CERPENJUARA 3 LMCA 2014

Tips kelima: mempelari kaidah penulisan atau biasa kita sebut EYD.

Ini bukan syarat utama, tapi menjadi faktor kenyaman juri dalam membaca. Beberapa kali menjadi juri lomba menulis, saya memaklumi kemampuan EYD mereka. Jadi standar saya adalah kemampuan anak. Bukan utama bukan berarti tidak memperhatikan EYD lo ya! EYD tetap memberikan poin tambahan nilai karya kita.

Tips keeenam:, penuhi syarat administrasi

Terkadang hal ini menjadi sepele, kita baru melihat syarat administrasi ketika mau mengirim karya. Tapi poin kecil yang sebenarnya remeh ini, bisa jadi malah yang merepotkan kalau disiapkan dengan tergesa-gesa. misalnya untuk kategori SD memakai map warna merah, tulisan harus disertai dengan surat pernyataan keaslian dan materai, di kanan amplop bertuliskan XXXX, dan berbagai ketentuan lain. Untuk menyiasatinya, kita bisa mempersiapkan poin ini jauh-jauh hari. 

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena di dalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil
Sebagai pendamping siswa dalam belajar menulis, saya membuat buku Jurus Sakti Jago Nulis. Buku cara menjadi penulis ini didesain dengan usia dan target capaian anak.

6 Tips Agar Anak Menang Lomba



Previous
Next Post »

7 comments

Write comments
koko nata
AUTHOR
20 August 2015 at 16:52 delete

Luruskan niat dan selalu berdoa akan diberi kemudahan oleh-Nya

Reply
avatar
Fauziah
AUTHOR
20 August 2015 at 19:32 delete

Wah betul betul.. Sip mas koko.. Harus ditambahi nih..
Oiya.. Trmksh byk atas naskah pemenang lombanya.. Sangat berguna buat anak2...

Reply
avatar
25 August 2015 at 13:57 delete

Terima kasih untuk tipnya, Mbak Fauziah :)

Reply
avatar
Fauziah
AUTHOR
25 August 2015 at 14:09 delete

Sama-sama Lalu..
Terimakasih juga karena sudah mampir ;-)

Reply
avatar
Arif Yunan
AUTHOR
18 May 2016 at 13:44 delete

Kami di Ponorogo blom menemukan komunitas penulis cilik yg setidaknya ada pembinaan untuk anak kami.

Reply
avatar
25 May 2016 at 22:42 delete

Ponorogo sepertinya belum ada Pak... Di Kediri sudah.. siapa tahu berkenan gabung..

Reply
avatar
25 May 2016 at 22:43 delete

Sama-sama Lalu.. sukses buat Iwec ;)

Reply
avatar

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku