Wisata Gunung Kelud Pasca Erupsi

wisata gunung kelud pasca erupsi
Tiap tahun, Blitar adalah kota yang selalu saya kunjungi. Tidak pernah absen! Karena di sini adalah tempat ibu saya lahir alias rumah mbah saya. Tapi walaupun setiap tahun ke Blitar, saya baru sekali ke Gunung Kelud. Tepatnya setelah sholat Ied Hari Raya Fitri 1436 H, 17 Juli 2015.
Hari itu saya dan 3 saudara ke Kelud dengan naik sepeda motor. perjaanan dari alun-alun kota Blitarke Gunung Kelud sekitar 1,5 jam. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Bltiar, dan Kabupaten Malang.
Dari sumber yang saya dapat, sejak abad ke-15, Gunung Kelud telah memakan korban lebih dari 15.000 jiwa. Letusan gunung ini pada tahun 1586 merenggut korban lebih dari 10.000 jiwa. Sebuah sistem untuk mengalihkan aliran lahar telah dibuat secara ekstensif pada tahun 1926 dan masih berfungsi hingga kini setelah letusan pada tahun 1919  memakan korban hingga ribuan jiwa akibat banjir lahar dingin menyapu pemukiman penduduk.


Pada abad ke-20, Gunung Kelud tercatat meletus  pada tahun 1901, 1919 (1 Mei), 1951 (31 Agustus), 1966 (26 April), dan 1990 (10 Februari-13 Maret). Pola ini membawa para ahli gunung api pada siklus 15 tahunan bagi letusan gunung ini. Memasuki abad ke-21, gunung ini erupsi pada tahun 2007 dan 13-14 Februari 2014.
Jika gunung ini meletus sejumlah kota di Pulau Jawa terkena hujan abu, termasuk Yogyakarta dan Surakarta dan mencapai Bandung

Ketika saya ke sana alhamdulilah jalan di Kelud lumayan mudah dilalui, hanya ada beberapa lubang di jalan. Ada juga jembatan yang baru dibangun untuk mempercepat akses ke lokasi.
jalan ke arah gunung kelud
jembatan menuju arah Gunung Kelud

Jalan menuju Gunung Kelud
Mas-Mas minta sumbangan di dekat jembatan

jalan menuju gunung kelud
kondisi beberapa jalan ke arah Kelud


Setelah melewati beberapa desa, sampailah kami ke pos gerbang masuk untuk membeli tiket. Tiket masuk kawasan wisata Gunung Kelud : Hari biasa : Rp. 5000,- Hari Sabtu, Minggu & hari Libur : Rp. 10.000,- .
 
tiket ke gunung kelud
Tiket satu sepeda motor dengan 2 pengendara




Dari Pos Gerbang Masuk untuk menuju ke area wisata Gunung Kelud, masih harus menempuh jalan -/+9km lagi. 

Wisata Gunung Kelud Pasca Erupsi
Sepupu saya: Rizal

Wisata Gunung Kelud Pasca Erupsi

Wisata Gunung Kelud Pasca Erupsi


Jalan menuju gunung kelud


Wisata Gunung Kelud Pasca Erupsi
adik saya: Zakaria

Setelah puas mengambil gambar, kami melanjutkan perjalanan.

Alhamdulillah sampai juga di are parkir Gunung Kelud. Di sini petugas mengecek karcisparkir. Jadi tiket yang kita terima saat di pos pertama jangan sampai hilang, kalau hilang bakal dobel bayarnya. Oiya, ketika pulang karcis juga dicek. Sepupu saya sempat diminta bayar lagi, tapi dia menolak, karena sudah membayar di depan.

gerbang menuju gunung kelud
gerbang menuju Gunung kelud

jalan ke arah gunung kelud
teropong untuk melihat Gunung Kelud
 Sampai area parkir, kita jalan kaki menuju atas. Sayang, saat saya ke sana terowongan menuju Anak Gunung Kelud, jalur pendakian tebing, Menara Pandang, air panas, dan beberapa tempat masih ditutup. Jadi jelajahnya kurang lengkap. Huhuhu.. semoga bisa ke sana lagi.

jalan menuju gunung kelud
jalan menuju Kelud
jalan menuju gunung kelud
pemandangan so sweet nih.. ada kakek nenek saling pegangan tangan mendaki gunung

Berikut pemandangan Gunung Kelud yang sempat terekam.

Wisata Gunung Kelud Pasca Erupsi

Wisata Gunung Kelud Pasca Erupsi

Wisata Gunung Kelud Pasca Erupsi
Add caption

Wisata Gunung Kelud Pasca Erupsi
Ketika pulang, kami hampir tidak menyalakan mesin motor sampai jembatan awal yang ada mas-mas minta sumbangan. Gravitasi di sana mantap, motor meluncur dengan mulusnya mejauhi Kelud.

jalan menuju gunung kelud




Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
wylvera
AUTHOR
10 August 2015 at 08:24 delete

Seru ya perjalanannya. Jadi pengin menikmati tantangan seperti ini. :)

Reply
avatar
Fauziah
AUTHOR
10 August 2015 at 19:30 delete

Iya mb... Sayang blm lengkap.. Smg next bisa lengkap..aamiin

Reply
avatar

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku