Air Terjun Sri Gethuk Membuat Hatiku Terketuk


Air Terjun Sri Gethuk Membuat Hatiku Terketuk

Alhamdulillah diri ini mendapat kesempatan untuk menginjakan kaki ke Gunung Kidul. Sebuah tempat yang kukenal dari Novel Galaksi Kinanthi karya mas Tasaro GK. Salah satu wisata yang memesona di Gunung Kidul adalah Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun ini terletak di antara ngarai Sungai Oya yang dikelilingi areal persawahan nan hijau. Air di seputar tempat ini sangat melimpah karena memang beberapa mata air muncul dari dalam tanah dan beberapa alirannya masuk melalui tebing yang yang sangat tinggi masuk ke dalam Sungai Oya, sungai ini tidak pernah kering dan mengalir sepanjang musim.

Air terjun Sri Gethuk di Kecamatan Playen Gunung Kidul Gemuruhnya menjadi pemecah keheningan di bumi Gunungkidul yang terkenal kering ini terpecah menjadi tiga bagian yang meluncur sangat deras. Indah banget!

Jika kita ingin berekreasi ke Air Terjun Sri Gehtuk, dari Yogyakarta kita akan menempuh jarak
sekitar 45 km. Dari yogyakarta ke arah Gunungkidul kemudian naik tanjakan yang lumayan terjal di Piyungan dan bukit Pathuk Gunung Kidul. Terus melalui hutan negara di  Bunder terus sampai ketemu pertigaan traficlight di Gading kemudian belok kanan ke arah Playen. Setelah sampai Playen belok kanan arah kecamatan Palihan dan sekitar 2 km kita akan ketemu pertigaan dan belok kanan. Di pertigaan tersebut kita sudah akan melihat banyak petunjuk jalan yang akan membimbing kita secara mudah untuk dapat menjangkau air terjun Sri Gethuk.

Dari pertigaan tadi kita masih harus menempuh perjalanan lagi sepanjang 7 km. Sebenarnya 7km waktu tempunya sebentar, hanya saja karena jalan agak kurang baik dan cenderung rusak, jadi jalannya juga pelan pelan. Beberapa bagian jalan sudah mulai diperbaiki dan aspal juga masih terasa baru. Namun rupaya masih lumayan panjang juga yang rusak jadi kita perlu musti hati hati.

Bagaimana sih asal muasal nama Sri Gethuk?

Hasil browsing d internet, asal muasal nama Gethuk sebetulnya bukan makanan tradisional yang berasal dari singkong itu, tapi sebetulnya adalah Kethuk salah satu jenis perangkat gamelan jawa. Namun lidah kita lebih mudah menyebut Gethuk mengingat sebelumnya ada kata Sri, jadi hanyalah untuk memudahkan saja. Menurut beliau, pada jaman kakek-kakek buyutnya. Di seputar air terjun tersebut terdapat kerajaan lelembut yaitu semacam makhluk halus yang tentu tidak kasat mata. Pada hari dan saat saat tertentu konon di kerajaan tersebut sering spel atau latihan menabuh gamelan tersebut. Suara gamelan tersebut sangat nyaring di dengar oleh warga desa Bleberan. Nah suatu ketika ada sedikit keributan karena salah satu alat gamelannya hilang. Gamelan yang hilang itu namanya Kethuk. 

Berdasarkan cerita yang dipercayai masyarakat, air terjun tersebut merupakan tempat penyimpanan kethuk yang merupakan salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Oleh karena itu disebut dengan nama Air Terjun Sri Gethuk. Konon, pada saat-saat tertentu masyarakat Dukuh Menggoran masih sering mendengar suara gamelan mengalun dari arah air terjun.Lokasi ini selanjutnya oleh pemerintah desa dikembangkan menjadi lokasi wisata dan dibuka sejak tahun 2007.

Setelah sampai dilokasi parkir, ada dua cara untuk mencapai lokasi air terjun. Pertama dengan berjalan kaki melintasi areal persawaan sekitar 1.5 km atau yang kedua menuruni anak tangga yang sudah lumayan disemen menuju dermaga di tepi Sungai Oya untuk naik secamam perahu Gethek yang sudah dimodifikasi menjadi  lebih modern. Drum drum dari plastik ditata sedemikian rupa dan beri alas papan untuk berdiri penumpang serta diberi pagar besi untuk pengaman. Perahu ini muat sekitar 7-8 penumpang dan berjalan digerakkan oleh mesin diesel kecil untuk memutar turbin. 

Air terjun Sri Gethuk, membuat hatiku terketuk.. begitu menakjuban keindahan alam Indonesia ciptaan Allah,. semoga Allah memberi kesempatan pada diri ini untuk mengunjungi bumi Allah yang lain.. aamiin


Air Terjun Sri Gethuk Membuat Hatiku Terketuk
narsis dulu sebelum naik perahu
Air Terjun Sri Gethuk Membuat Hatiku Terketuk
sungai dilihat dari atas
tas asma nadia
menuju Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Membuat Hatiku Terketuk
Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Membuat Hatiku Terketuk
Pesona Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk Membuat Hatiku Terketuk
di antara tiga aliran Air Terjun Sri Gethuk




Previous
Next Post »

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku