Inspirasi Bisnis ala Sahabat Rosul (Fauziah Rachmawati, Nunggu Terbit): Umar bin Abdul Aziz (2)

Bocoran beberapa kebijakan Umar bin Abdul Aziz dalam pemerintahan


  • Melarang Pejabat Negara Berdagang untuk Kepentingan Pribadi
 “Kami berpendapat, bahwa seorang Imam (pemimpin Negara) tidak pantas untuk berdagang. Begitu pula tidak halal bagi seorang gubernur untuk berdagang di dalam wilayah kekuasannya. Karena seorang Amir bila ia berdagang ia akan mudah melakukan monopoli dan membenarkan perbuatan yang merusak Negara, sekalipun ia berusaha keras untuk tidak berbuat demikian.”

  • Menolak suap dalam bentuk apa pun. 
Umar berkata, ”Alangkah harum aromanya. Wahai pelayan, kembalikan apel ini kepada si pemberi dan sampaikan salam saya kepadanya bahwa hadiah yang dikirim telah sampai.”
’Amr bin Muhajir mempertanyakan sikap Umar tersebut, ”Wahai Amirul Mukminin, orang yang memberi hadiah apel itu tak lain adalah sepupumu sendiri dan salah seorang yang masih memiliki hubungan kerabat yang sangat dekat denganmu. Bukankah Rasulullah Saw. juga menerima hadiah yang diberikan orang lain kepadanya?”
Umar bin Abdul Aziz menjawab, ”Celaka kamu, sesungguhnya hadiah yang diberikan kepada Rasulullah Saw. adalah benar-benar hadiah, sedangkan yang diberikan kepadaku ini adalah suap.”

  • Menolak sistem kekhalifahan yang diwariskan secara turun-temurun. 
Ja’unah mengatakan, suatu ketika Abdul Malik bin Umar bin Abdul Aziz, putranya, meninggal dunia. Umar memujinya. Lalu Ja’unah bertanya kepada Umar, ”Apakah jika dia masih hidup, kamu akan mewasiatkan agar dia menjadi penggantimu?”
Umar menjawab, ”Tidak.”
”Lalu mengapa kamu memujinya? tanya Ja’unah lagi.
”Karena saya khawatir, bila saya mengangkatnya, dia akan dihormati lantaran ayahnya dihormati,jawab Umar.
Masya Allah… benar-benar pemimpin penuh inspirasi…
Penasaran dengan kebijakan beliau yang lain? Bagaimana kunci sukses menjadi sukses dalam memimpin dan sukses dalam berbisnis ala Umar?
Jawabannya ada di buku Inspirasi Bisnis ala Sahabat Rosul (Fauziah Rachmawati)
#nunggu terbit
# Inspirasi Bisnis ala Sahabat Rosul


Previous
Next Post »

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku