Kampanye Indonesia Menulis di Kota Malang


Kampanye Indonesia Menulis di Kota Malang

19 November saya dikejutkan oleh telepon Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang memberitahukan ada acara Kampanye Indonesia Menulis di Hotel Solaris Malang. Surprise plus senang sekali ketika mendapat telepon orang penting.
Tapi karena sebelumnya saya pernah dapat telepon penipuan dari DIKTI tentang pelatihan karya tulis di Jakarta, saya jadi lebih waspada. Mulai cek dan ricek.
Saya tengok no telepon Kemenparekraf, nomer dengan kode 021 bukan hape. Berarti ini telepon kantor. Kedua, saya cek di twitter, ternyata memang Kemenparekraf mengadakan acara serupa di beberapa tempat.
Tak lama, meluncurlah SMS ke beberapa teman Forum Lingkar Pena (FLP) dan beberapa penulis lain. Ada alokasi 50 kursi dari Kemenparekraf.
Alhamdulillah SMS cepat menyebar, siap-siap kopdar dengan beberapa teman nih.
Hari yang ditunggu datang, Senin 25 November 2013. Saya berangkat dengan satu teman naik sepeda motor. Agak khuatir karena saat itu hamil. Alhamdulillah teman saya mengendarainya pelan. Tiap ada batu atau tanjakan selalu pelan. Saya jadi nyaman (thanks for Heni).
Banyak ilmu yang saya dapat dari dua pemateri beken yang hadir, Pak Willy Pramudya (jurnalis senior di Grup Kompas-Gramedia yang menerbitkan beberapa buku) dan fx Rudy Gunawan (Penulis Skenario Bangsal 13 dan menerbitkan beberapa buku).
Acara yang dikemas mulai pagi sampai sore ini membuat kami paham bagaimana proses kreatif menulis fksi dan non fiksi serta proses penerbitannya.
Ada kalimat Pramoedya Ananta Toer yang dikutip Pak Willy yang membuat saya tambah semangat nulis. “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
Tak hanya materi yang keren, tapi juga sambutan panitia serta konsumsi yang wah. Pas banget buat bumil yang sering lapar hehehhe.
Terimakasih banyak atas Kemenparekraf yang memberikan saya kesempatan  bergabung di acara Kampanye Indonesia Menulis. ^_^


November 2013
Previous
Next Post »

Senang sekali jika teman-teman berbagi komentar di lapak saya :)

EmoticonEmoticon

Bukuku

Bukuku